*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Ampuh Perawatan Diri Untuk Pulih Dari Kelelahan


Stress masih  menjadi pemicu utama  jika kita merasa kelelahan. Ketidakseimbangan emosi ini juga bisa disebabkan oleh tekanan yang kita rasakan setiap hari. Untuk mengatasi kelelahan dengan benar, dan menemukan kembali makna kegembiraan dalam kehidupan anda, penting bagi kita untuk mengetahui apa yang memicunya dan melakukan perawatan diri yang ampun untuk lepas dari kelelahan

9 tips ampuh perawatan diri untuk pulih dari kelelahan

1. Prioritaskan Tidur Anda
Prioritaskan tidur anda sama seperti tugas tersibuk anda untuk mengurangi stress jangka panjang. Tidur tidak hanya penting untuk kesehatan  tetapi juga dapat membantu kita melawan kelelahan.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik ikuti tips berikut

- Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama
- Hindari kopi, alkohol yang dapat menurunkan kualitas tidur, kalaupun meminumnya usahakan 4-6 jam sebelum waktu  tidur.
- Matikan perangkat digital maksimal 2 jam sebelum tidur agar tidak mengganggu kualitas tidur nyenyak Anda.

2. Hindari Rasa Khawatir Berlebihan
Kekhawatiran menyebabkan stress dan cara terbaik untuk menghilangkan kelelahan adalah dengan berhenti mengkhawatirkan masa depan dan hidup pada saat ini, jangan khawatirkan hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan

Selain itu, rasa khawatir membuat kita lebih sulit mendapatkan tidur nyenyak yang anda perlukan setiap malam untuk proses penyembuhan alami tubuh anda

3. Atur pola makan bernutrisi & Batasi Kafein Di Sore Hari.
Cara terbaik untuk menghilangkan rasa lelah adalah dengan makan dengan baik dan menghindari kafein di malam hari. 

Nutrisi dan makanan yang baik sangat penting bagi tubuh kita ketika kita sedang lelah. Lebih baik memilih makanan bergizi dibandingkan makanan bergula dan sarat karbohidrat. Hal ini akan mengurangi stres. 

4. Hindari  Berbicara Negatif Tentang Diri Sendiri 

Kelelahan berlebihan dapat mempengaruhi suasana hati dan hubungan sosial kita . Mungkin sulit untuk mengelola hal-hal negatif  yang timbul akibat kelelahan.

Kadang-kadang kelelahan dapat membantu kita mengambil langkah mundur dari masalah yang tampaknya tidak ada habisnya.
Selain itu, jika anda dapat berhenti sejenak untuk melihat keadaan anda secara objektif, mungkin ada sesuatu yang baik atau menarik yang sedang terjadi
Misalnya, perubahan pola pikir dapat membantu mengurangi perasaan putus asa, meningkatkan harga diri, dan pada akhirnya dapat membawa anda lebih dekat untuk mencapai tujuan.

5. Belajar Mengatasi Respons Melawan & Lari Anda.
Selama fase kelelahan, sistem saraf kita menjadi tidak berfungsi. Adrenalin dan kortisol adalah dua hormon yang mengedarkan aliran darah selama fase kelelahan. Artinya, bergantung pada keadaan anda, respons anda terhadap stres selama fase kelelahan mungkin menjadi lebih fluktuatif dan lebih reaktif dari biasanya.

Saat refleks melawan atau lari dimulai, tubuh kita percaya bahwa kita benar-benar bersiap untuk berperang dan menurut penelitian, hanya latihan fisik dan pernapasan dalam (deep breath) yang dapat membantu menenangkan sistem saraf.
Itu sebabnya, pada saat-saat seperti ini, jika anda terus bernapas dalam-dalam dan memadukannya dengan aktivitas fisik , akan membantu menenangkan anda dan mengelola masa-masa stres dengan lebih baik. 

6. Ketahui Apa Yang Bisa Anda Tangani.
Salah satu cara terbaik untuk merawat diri sendiri dengan lebih baik sehingga anda dapat pulih sepenuhnya dari kelelahan adalah dengan menggunakan kata “tidak!”.

TIDAK! Itulah kata yang perlu anda ucapkan selama fase kelelahan karena setiap jawaban “ya” yang Anda ucapkan hanya akan menambah beban kerja dan stres Anda. 
Jadi lain kali Anda ditanya apakah dapat mengambil alih tugas orang lain di tempat kerja atau menangani tugas tambahan itu? Berpikirlah sebelum berbicara dan ketahui apa yang dapat anda tangani. 

7. Sisihkan Waktu Untuk Menyendiri.
Bentuk perawatan diri lain yang akan membantu anda menyembuhkan kelelahan adalah dengan menyediakan “ waktu saya / me time ” setiap hari yang hanya khusus untuk anda.

Bisa apa saja, mulai dari berjalan-jalan di sekitar blok hingga mengistirahatkan mata selama 15 menit. 

Ingat, selama fase kelelahan, tingkat stres anda akan sangat tinggi, jadi jika anda dapat memenuhi semua kewajiban anda yang lain pada slot waktu ini dan menjadikan momen me-time ini tanpa gangguan, gejala kelelahan anda akan sangat berkurang.

8. Lakukan Sesuatu Yang Berbeda!
Dalam hal pemulihan dari kelelahan, penting untuk mengenali kapan anda telah bekerja terlalu keras atau kehilangan minat pada pekerjaan anda.

Jadi untuk menjawabnya cobalah “beristirahat” dari pekerjaan anda dan lakukan sesuatu yang berbeda. Baik menjadi sukarelawan atau melakukan hobi dalam ruangan yang selalu anda minati, tidak ada kata terlambat untuk mencoba sesuatu yang baru.

Liburan singkat bisa membuat anda merasa lebih baik, apalagi fokus pada hal-hal yang anda sukai itu bermanfaat.

Temukan kembali apa yang memberi anda rasa sukacita terbesar dan fokuslah pada hal itu. Penting bagi anda untuk meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang anda sukai sehingga dapat mengurangi stres dan kelelahan

Sumber : www.everythingabode.com

Posting Komentar untuk "9 Tips Ampuh Perawatan Diri Untuk Pulih Dari Kelelahan"