*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali penyebab terlalu sering buang air kecil atau kencing


Tiap orang memiliki frekuensi berbeda dalam hal buang uang air kecil. Namun, Wanita lebih dominan  daripada pria dalam melakukan aktifitas ini, sebab volume kandung kemih wanita lebih besar dari pada laki-laki. Pria memakan waktu lebih lama untuk memenuhi kandung kemihnya sehingga mereka lebih jarang buang air kecil. Akan tetapi faktor lain yang mempengaruhi pada frekuensi kencing adalah tergantung banyak-sedikitnya Anda minum, cuaca udara, dsb

Berikut ini fakta menarik dari http://cara-mengobati.com yang patut dikenali penyebab terlalu sering buang air kecil atau kencing.

Kencing terlalu sering karena Infeksi Saluran Kemih (ISK). ISK adalah penyebab utama peningkatan frekuensi buang air kecil.

Kencing terlalu sering karena Diabetes. Sering buang air kecil sering merupakan gejala awal dari diabetes saat tubuh mencoba untuk membersihkan diri dari glukosa yang tidak digunakan melalui urin.

Kencing terlalu sering karena Prostatitis akut. Prostatitis akut adalah pembengkakan dan iritasi kelenjar prostat yang berlangsung cepat. Prostatitis akut biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri pada kelenjar prostat yang menyebabkan dinding kandung kemih menjadi sensitif. Kandung kemih mulai berkontraksi bahkan ketika masih memiliki sejumlah kecil urin.

Kencing terlalu sering karena Pembesaran prostat. Sering merasa ingin kencing, terutama di malam hari, adalah salah satu gejala dini pembesaran prostat jinak (BPH), yang banyak terjadi pada pria di atas usia 40 tahun.

Kencing terlalu sering karena Menstruasi. Hormon dalam tubuh perempuan berubah terus sepanjang bulan. Tepat sebelum menstruasi biasanya kelembaban wanita meningkat. Dalam beberapa hari menstruasi, kelembaban ekstra itu meninggalkan tubuh sehingga meningkatkan frekuensi buang air kecil.

Kencing terlalu sering karena Kehamilan. Pada minggu-minggu awal kehamilan rahim mengalami perkembangan sehingga menekan kandung kemih, menyebabkan sering buang air kecil.

Kencing terlalu sering karena Sistitis interstisial. Radang dinding kandung kemih kronis yang tidak diketahui penyebabnya ini ditandai dengan nyeri di daerah kandung kemih dan panggul. Gejala utama sistitis adalah dorongan kuat untuk buang air kecil, setiap kalinya hanya mengeluarkan sejumlah kecil urin (Jawa: anyang-anyangen).

Kencing terlalu sering karena Kafein. Kafein menghambat kerja hormon antidiuretik (ADH). Hormon itu memastikan bahwa tidak terlalu banyak air dalam urin. Hambatan terhadap ADH membuat produksi air urin meningkat. Disarankan bahwa untuk setiap cangkir kopi Anda meminum segelas air putih untuk mengisi kekurangan tersebut.

Kencing terlalu sering karena Obat-obatan. Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dapat membuat Anda lebih sering pipis untuk sementara dan kembali normal setelah Anda berhenti minum obat.

Kencing terlalu sering karena Stroke atau penyakit neurologis lainnya. Kerusakan saraf yang mengendalikan kandung kemih dapat menyebabkan masalah fungsi kandung kemih, termasuk dorongan untuk buang air kecil yang terlalu sering dan tiba-tiba.

Kencing terlalu sering karena Kandung kemih terlalu aktif. Beberapa orang sering buang air kecil terutama di malam hari. Gejala ini disebut nokturia dan biasanya mempengaruhi orang berusia lebih dari 50 tahun, ibu hamil, pria dengan kanker prostat dan gagal jantung. Normalnya, produksi urin di malam hari berkurang sehingga Anda dapat tidur dengan damai. Dalam kasus nokturia, produksi urin tetap besar sehingga mengakibatkan sering buang air kecil.

Sumber lain http://www.seringkencing-mengompol.com menyebutkan, perlu diwaspadai masalah sering buang air kecil adalah, sbb:

Overactive Bladder (OAB) seringkali disebut Beser
adalah kondisi dimana kandung kemih berkontraksi tidak semestinya, menyebabkan desakan tiba-tiba untuk kencing. Ketika hal ini terjadi, pada beberapa orang menyebabkan juga terjadinya ’ ngompol’  (sedikit menetes sebelum dapat mencapai toliet), walaupun hal ini tidak selalu terjadi. Gejala lain dari OAB adalah sering ke toilet – delapan kali atau lebih selama 24 jam dan terbangun satu kali atau lebih pada malam hari untuk kencing.

Ketika anda mengalami OAB, maka otot detrusor berkontraksi disaat yang salah, yaitu sebelum kandung kemih Anda penuh. Hal inilah yang disebut sebagai terlalu aktifnya detrusor (otot yang melingkupi kandung kemih) atau ketidakstabilan detrusor. Anda akan merasa sangat tiba-tiba dan segera untuk berkemih dan Anda kemungkinan tidak dapat mengontrol kandung kamih Anda walaupun hanya untuk beberapa detik. Anda mungkin akan berkemih selama waktu tidur, setelah meminum air atau bahkan ketika Anda mendengar air mengalir

OAB bukanlah bagian dari proses penuaan dan bukanlah suatu kondisi yang wajar. Oleh karenanya OAB bukan hanya problem fisik – hal ini dapat memberikan efek yang serius terhadap kehidupan Anda.  Pasien dengan OAB biasanya akan mengalami kekhawatiran untuk mengunjungi tempat- tempat baru, atau bahkan untuk meninggalkan rumah dan mereka biasanya tidak dapat menikmati hidup tanpa bebas gangguan berkemih.

OAB juga dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius. Penderita dengan kondisi seperti ini biasanya dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, ulkus pada kulit, problem tidur, depresi dan kondisi medis lainnya. Mereka juga mempunyai resiko untuk jatuh dan patah tulang oleh karena seringnya terburu-buru bangun malam hari untuk berkemih. Penderita OAB menyebabkan 26% resiko untuk jatuh dan 1/3 nya mengalami patah tulang. Jatuh dan patah tulang, inilah yang menyebabkan untuk mendapat perawatan di rumah sakit atau fasilitas perawatan lainnya yang memerlukan waktu lama.

149 komentar untuk "Kenali penyebab terlalu sering buang air kecil atau kencing"

  1. saya wanita umur 2o thn,, saya sering buang air kecil, padahal cuaca tidak begitu dingin,, saya lebih sering buang air kecil lbh sering dbandingkan teman sekamar saya.. jika mlm sebelum tidur saya minum segelas air,,dan akan sering buang air kecil pd mlm hari,, ketika bangun tidur d pagi hari air kencing saya berwarna ornge,,
    tlg jelaskan apa kah saya mengalami infeksi katong kemih.. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seringnya buang air kecil bisa menjadi pertanda bahwa orang bersangkutan tengah mengalami penyakit yang tidak terdeteksi atau perkembangan dari penyakit kronis. Ditambahkannya, kebiasaan buang air kecil ketika tengah tertidur dapat pula berisiko pada penyakit lain. Umpamanya kerapuhan tulang yang terjadi ketika orang hendak bangun dari tempat tidur untuk pergi ke kamar kecil

      warna urine merupakan alarm yang di berikan tubuh agar kita lebih memperhatikan cairan atau makanan yang di komsumsi. Seperti di ketahui urine bukanlah hanya sekedar produk limbah dari tubuh. Namun urine juga di jadikan indikator kesehatan, karena berbagai tes kesehatan di lakukan dengan memanfaatkan media urine. Urine merupakan cairan yang di keluarkan dari tubuh tanpa mengandung racun. Dalam urine terdapat 95 persen air, 2,5 persen urea dan sisanya merupakan peleburan hormon, enzim, garam dan mineral

      Warna orange
      Di pengaruhi oleh obat-obatan yang di komsumsi, pengaruh dari komsumsi makanan seperti jeruk atau yang berwarna merah. Namun juga indikasi tubuh sedang mengalami dehidrasi.

      Hapus
    2. Saya harius mahasiswa umur kurang lebih 30 tahun
      Saya jika mlm selalu buang air kecil/ kincing di perkirakan 1 jam bisa 8-9 kali pulang balik toilet saya merasa cape,malas,serta bosan.
      Mohon sarannya

      Hapus
    3. untuk diagnosa akuratnya lebih baik cek labor ? ke dokter, indikasi penyebabnya juga bnyk:
      - banyak minum - minum kopi / kafein berlebihan - infeksi saluran kemih - Diabetes - hipertrofi prostat - stress dsb. Jadi lebih baik cek labor

      Hapus
  2. Saya wanita berumur 20th, saya sering buang air kecil mungkin gak kehitung kalinya sehari karena belum lama buang air kecil beberapa menit atau beberpa jam kemudian sudah mau buang air kecil lg saya sering kesal karena itu.
    Saya m0hon solusinya bagaimana?

    BalasHapus
  3. Bagaimana solusi pertanyaan saya tadi. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kamu konsultasi langsung kedokter,kemungkinan penyakit yg diderita bisa dideteksi sejak dini. Krn keseringan buang air kecil bisa jadi pertanda penyakit diatas.

      Hapus
    2. saya sering sakit ketika kencing dan sering sekali sama orng jawa disebut anyang anyangen. tapi bertahan lama sudah sekitar 1 bulan. saya harus bagaimna? umur saya 20 tahun

      Hapus
    3. cek di kolom komentar ya mba,.permasalahan mba telah di jawab di komentar yg sdh di terbitkan

      Hapus
  4. umur aku udah 24thn dan udah bersuami juga..akhir2 ini aku sering banget pipis, bhkan smpai gak betah kluar masuk kamar mandi terus aku jadi ngompol.. rasanya tuh di mrs, V aku gatal banget dalamnya sampai menjalar ke pusar rasa geli dari gatalnya, itu yang bikin aku jadi pipis terus.. kira2 knp yah?? kalau hamil gak mungkin soalnya udah sempat aku tespack juga tapi negatif..

    mohon solusinya yah? makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trima kasih kembali Vitta
      Banyak sekali penyebab 'beser' selain penyebab dari artikel diatas, keseringan pipis yg membuat celana dalam sering lembab, dan dapat berpengaruh pada mrs V jadi gatal dan ditumbuhi jamur,kutu,lecet. Panas dalam, kesulitan buang air besar (keseringan ngeden) yg berakibat penurunan pd rahim akhirnya keseringan beser, Itu bisa dilakukan dgn pijat pd ahlinya. Bisa jadi penyebab lainnya seperti Gejala diabetes atau kencing manis yang menyebabkan berubahnya struktur kencing yang berpengaruh terhadap kebersihan area vagina.

      Segera lakukan tes gula darah untuk memastikan kemungkinan tersebut.
      Kemungkinan terburuk adalah adanya tumor yang sedang tumbuh di area kewanitaan juga menyebabkan rasa gatal pada vagina.Penyebab gatal pada vagina tersebut bisa dicegah dengan selalu menjaga kebersihan area kemaluan wanita.

      Hapus
  5. Saya wanita berumur 21..tiap kali saya minum, gak brp lama pasti saya lgsg pipis..dan terjadi blakangan ini..mmg sblmnya saya mnum sgt sdkit stiap hari dan skrg pinggang saya kdg terasa pegal..saya mau tanya, kr2 itu normal gak ya? Trimakasi ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama buang air kecilnya tidak sakit / nyeri,berdarah..so wajar saja ya. Sy pun juga pernah mengalaminya.Seringkali org menilai jika sakit / pegal pd pinggang pertanda sakit ginjal, dan bisa jadi disebabkan oleh banyak kondisi/penyakit.Rasa sakit/nyeri di daerah punggung bawah umumnya terjadi karena adanya urat saraf yang terjepit/terhimpit/tertekan, atau karena adanya urat saraf yang teregang/tertarik. Tergantung pada urat saraf mana yang terlibat, daerah nyeri/sakit yang timbul sesuai dengan lokasi dan perjalanan urat sarafnya. Trimakasih kembali susi

      Hapus
    2. anak sya baru brumur 2,5 tahun udah lima hari ini kencing trus2an. bhkn smpai kencing dclana sblum sampai kkmar mandi tapi itu kluarny cma sdikit. namun sering. wktu tdur jga spt itu. tau2 clananya basah wlawpun dlm jumlah sdikit. pdahal biasany tdk prnah ngompol. sya khawatir takut ada apa2. mhn pnjelasanya & apa yg hrs dlakukan. TERIMA KASIH

      Hapus
    3. Berpikir positif dulu ya bu, krn penyakit itu muncul dipengaruhi oleh pikiran kita. Di coba pijat tradisional dulu, mgkn akibat susah BAB, kalo anaknya perempuan biasakan celana yg basah lgsg di ganti n cuci daerah V yg bersih. Perhatikan juga makan minumnya, krn snack ringan n jajanan pasar yg kurang higienis berpengaruh juga. Kalo mash sering ngompol juga coba cek ke dokter. Kalo jaman org tua dulu, anak kecil sering ngompol di tempelkan binatang capung yg msh hidup diperutnya, cuma saran sy baiknya tes air kencingnya di labor / dokter. T3rima kasih bu

      Hapus
  6. Saya wanita berusia 20 thn,, sebelumy saya sangat jarang sekali minum dan buang air kecil,, belakangan ini saya kena gejala ambeyen dan saya disarankan juga untuk banyak minum,, tapi saat siang hri buang air kecil saja masih bsa dktan wajar,, tp ktika malam hri seblum tdur,, saya sering buang air kecil dan volumenya sedikit,, sampe saya harus tengah malam baru bisa tidur,,saya takut ad penyakit kronis,,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambeien / wasir perlu diwaspadai jika saat buang airbesar mengalami pendarahan pada anus.Ambeien memang harus bny minum dan makanan berserat. Masalah sering buang air mlm hari tp volumenya sedikit, masih wajar. Ini bisa jadi pengaruh udara dingin saat malam hari, juga stress, apalagi kalo sering begadang disertai minum yg bnyk, biasanya suka bolak balik ke kamar mandi.Jika hal itu mengganggu trus menerus, coba cek ke dokter . terima kasih kembali

      Hapus
  7. Saya ibu rumah tangga berumur +-28th.
    Mau cerita, klu saya lebih sering buang air kecil. Dalam 1 kali ke kamar mandi saya buang air kecil tak cukup 1 kali. Bahkan setelah keluar dari kamar mandi dlm waktu singkat rasa ingin buang air kecil datang lagi. Apabila di malam hari saya kewalahan karena susah tidur dibuatnya.

    Mohon jawaban dan solusi atas keluhan saya.
    Terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bu Sri, banyak penyebab sering buang air kecil seperti kopi, minuman alkohol, efek samping obat,masa kehamilan, dan infeksi saluran kemih. Gejala kencing tapi tidak tuntas-tuntas (anyang2an) hampir menyerupai infeksi tersebut jika disertai sakit pinggang, air seni berwarna pekat/merah, sakit wktu kencing, dsb. Baiknya cek kedokter bila sudah mngganggu kenyamanan beraktifitas. Trima kasih ibu...

      Hapus
  8. saya wanita brumur 18 tahun, saya punya keluhan sering buang air kecil, awalnya ga pernah trjadi kaya gini tapi akhr" ini sering banget bulak balik masuk wc, yg sya rasain sakit ktika ngeluarin air seni nya kaya mau buang air yg udah di tahan lama jadi kebelet mulu, terus pas udah bres kadang masih krasa pgen pipis lg tp ga kluar, kira" kenapa ya trus apa solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak sekali penyebab rasa sakit saat buang air kecil, ada juga dikenal dgn infeksi saluran kemih dan yg perlu diwaspadai penyakit gonnorhea. Jika sakitnya sudah berlangsung lama, baiknya cek ke dokter dech mbak supaya ga telat deteksi penyakitnya.

      Hapus
  9. Saya perempuan berusia 24 tahun. Saya suka sekali buang air kecil setiap mau tidur seringnya kurang lebih 4 sampai 5 kali. Tolong dijwb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tidak ada rasa sakit..itu asih wajar.. Kencing dinilai sering tergantung dari berapa banyak yang kita minum.

      Hapus
  10. Nama saya Sesi, baru berusia 16tahun. keluhan saya "saya kalo buang air kecil rasanya itu sakit banget, dalam 1 jam lebih dari 10x ke wc, malah kalo udah gk bisa nahan suka pipis dicelana. udah gitu keluarnya cuman sedikit banget.

    mohon solusinya ;( :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. trima kasih jeng Sesi....Dari pertanyaan dan komentar yg sdh diterbitkan diatas, mungkin dpt menjwb pertanyaanya. ..baiknya cek ke dokter, dikhawatirkan ada yg bermasalah sm kandung kemih / infeksi

      Hapus
    2. maaf sblumnya tolong di jelaskan scra detail, penyakit itu knpa, ? dan sebabbnya pa ? dan bagaimna cara mngobatinya harus tnpa ke dokter dulu .

      Hapus
    3. penyakit itu di sebabbkan pa ?
      dan bagaimna cara mengtasinya harus tnpa ke doktr dlulu ?
      mohon di perjelas lagie .

      Hapus
    4. Pada pria dan wanita dengan usia dibawah 50 tahun keluhan sering buang air kecil , sedikit-sedikit dan terasa nyeri maupun anyang-anyangan, bisa jadi merupakan gejala infeksi saluran kemih maupun indikasi atas gejala adanya batu disaluran kemih. Jika saat kencing keluar sel darah putih berarti gejala ISK, sebaliknya sel darah merah yg keluar kemungkinan batu saluran kemih..

      Baiknya kenali dulu sakit yg dirasakan bagian mana mbak, jika timbul rasa sakit /nyeri atau pegal ada pinggang belakang bagian atas atau tepatnya dibawah tulang iga terakhir sebelum tulang ekor, itu berarti gejala kencing batu.

      Gejala Kencing Batu :
      Rasa nyeri yang menusuk-nusuk, menjalar ke arah samping mengikuti alur saluran kemih.
      Terkadang ketika buang air kecil terasa nyeri
      Sering anyang-anyangan (keluarnya air seni sedikit-sedikit namu sering)
      Warna air seni menjadi warna kemerahan seperti air daging
      Terkadang disertai rasa mual dan demam.

      Gejala-gejala infeksi saluran kencing;
      - Sering kebelet kencing. Rasa pingin kencing sangat kuat hingga susah ditahan.
      - Rasa panas saat kencing. Rasa panas dan nyeri saat mengeluarkan kencing.
      - Sering kencing, namun sedikit-sedikit. Ada rasa ingin kencing terus menerus.
      - Kencing keruh. Kencing keruh karena adanya sel kuman dan sel pertahanan tubuh.
      - Kencing tampak kemerahan. Kencing berwarna kemerahan karena adanya darah dalam kencing.
      - Bau kencing busuk. Bau yang sangat pesing/menyengat karena hasil sampah kuman.
      - Nyeri di perut bawah diatas paha.

      Untuk penyebabnya kencing batu, bisa karena faktor keturunan,pola hidup kurg sehat, makan tdk teratur,dll. Sedangkan penyebab ISK, kebanyakan karena kurang jaga kebersihan saat pipis, kurang minum,dsb. Baiknya segera berkonsultasi dengan Spesialis Urologi, dari uji laboratorium warna urine, dokter bisa mengetahui penyakit atas keluhan mbak tsb. Terima kasih

      Hapus
  11. Saya sering kencing,setiap 10 mnt,atau dehabis minum,sampai tak bisa tidur,dan tidak ada rasa nyeri,cuma di bagian bwh perut ada rasa ga enak,dan perut terasa keras,pdhl biasanya dulu perut saya sangat kempes,jadi stress..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mbak Laura...
      banya sekali penyebab sakit dibagian bawah perut apalagi disertai kencing trus menerus. Jika organ satu mengalami peradangan akan merangsang organ tubuh lain bereaksi. Penyakit berat yg ada dalam tubuh bisa diketahui melalui perut. Hati - hati Jika sakit perut bagian kanan, indikasi radang usus buntu, infeksi saluran kencing. Baiknya mbak cek ke dokter supaya penyakit bisa dideteksi sejak dini. Pola makan teratur tetap dijaga serta olahraga yg cukup

      Hapus
  12. saya aina 25 thn..saya sering banget pipiis.minumnya gk byk tp pipisnya volumenya byk..kira2 knp ya mbak.mhn di bantu jelasin ya mbak.mksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok, terima kasih atas kepercayaannya. Sebisa mungkin sy bantu ya mbak untuk mencarikan informasi penyebabnya ( meski sy bukan dokter, tp sy bertanggung jawab utk membantu menjawab semua artikel yg sy terbitkan dari berbagai informasi dokter).

      Bila terjadi suatu keadaan dimana kadar air di dalam tubuh turun dari kadar seharusnya, maka tubuh secara langsung akan meminta penggantian kadar air yang hilang, dan kita butuh minum. Kalau kehilangan kadar air tidak segera diganti, maka kadar air tubuh akan makin turun sehingga kadarnya dibawah kadar normal, tubuh akan mengalami dehidrasi. Karena normalnya akan mengalami absorpsi dan reabsorpsi, maka seharusnya air itu tidak seharusnya langsung keluar, tak lama setelah kita meminum air itu. Tapi memang bisa terjadi demikian, karena tidak bisa dipungkiri kalau sistem masukan - keluaran air di tubuh itu adalah sistem keseimbangan. Di mana saat kadar air kurang, maka tubuh perlu masukan air; dan di mana saat kadar air sudah lebih dari cukup, maka tubuh akan mengeluarkan kelebihan air itu melalui saluran urin

      Pada kasus mbak aina, keseringan buang air kecil sebenarnya bisa saja dikaitkan dengan cuaca atau udara dingin. Cuaca dan udara dingin memang bisa membuat kebelet buang air kecil makin menjadi-jadi, walau minum hanya satu gelas sekalipun.

      Kalau ternyata sering kebelet ini tidak ada hubungannya dengan udara dingin, maka permasalahannya pasti ada pada membran saluran pencernaan ananda yang tidak banyak bisa menyerap air yang ananda minum, atau bisa juga ada pada sistem metabolisme tubuh sehingga air yang ada tidak terpakai maksimal dan malah terbuang percuma (cuma lewat saja), atau bisa juga permasalahan ada pada saluran urinasi secara khususnya sehingga air lebih terpusat di sana untuk dibuang. Permasalahan saluran urinasi ini biasanya dikaitkan dengan infeksi saluran kemih. Ada baiknya mbak Aina coba periksakan keadaan ini lebih lanjut ke dokter

      Hapus
  13. Maaf dok..ni mau nanya,,istri sy susah bab bbrapa hari,habis itu q anjurin tuk minum vegeta biar lancar,pada saat itu dia jg sllu buang air kcil,trus stelah minum vegeta kok malah mencret dan udah seminggu juga masih sering buang air jecil tp dlm jmlah yg sdikit.mhon petunjuknya,dan penjelasannya dok.

    BalasHapus
  14. Slamat malam dok,saya mau tanya sminggu yg lalu istri sya susah bab,trus slalu buang air kecil tapi dalam volume yg kecil,habis itu sy anjurin tuk minum vegeta biar bab nya lancar ,ternyata malah mencret tp buang air kecil masih sering dlm volme yg kecil,mhon solusi dan penjelasannya.apa ada hubungannya dng kehamilan kalau slalu buang air kecil dlm jmlah yg sedikit?atau itu hanya pengaruh dari susah babnya?,mohon penjelasannya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duhh..sy bkn dokter mas,..info ini sering sy tny ke dokter yg kebetulan msh saudara...Kalo lg hamil extra hati2 mas minum vitamin seperti vegeta. Biasanya ibu hamil mmg sering kesulitan BAB, sering pipis. Sembelit saat kehamilan ini terjadi karena adanya perubahan hormon selam masa kehamilan dan tentunya sembelit saat hamil alan mempengaruhi kerja organ, termasuk fungsi pencernaan yang cenderung akan melambat. Hal ini disebabkan karena usus mmecah nutrisi dari makanan yang dicernanya sekecil apa pun dalam rangka memenuhi kebutuhan perkembangan janin. Selain hal tersebut, tubuh juga menyerap lebih banyak air, sehingga tinja yang dihasilkan akan lebih kering. Penyebab lain yang memicu atau memperburuk sembelit yaitu adanya pemberian suplemen zat besi dosis tinggi semasa hamil.
      Pemberian suplemen zat besi pada ibu hamil memang seringkali digunakan. Hal ini karena untuk mencegah anemia pada ibu hamil dan juga agar suplay oksigen dan juga nutrisi yang diberikan ibu hamil kepada janin akan semakin baik yang disalurkan melalui media plasenta. Hanya saja bila berlebihan maka hal ini akan menyebabkan sembelit / konstipasi pada kehamilan.

      Sepanjang tidak ada lagi gejala penyakit lainnya, konstipasi pada kehamilan seperti hal nya pendarahan, konstipasi tidak perlu dikhawatirkan. Apalagi sembelit saat kehamilan bisa dicegah dan diatasi. Perbanyak makan sayur, minum air putih dan aktifitas. Madu, kacang hijau sangat baik utk ibu hamil, mas. Kacang hijau memperlancar proses pencernaan dan madu utk menambah tenaga / fitalitas serta menjauhkan dari sembelit. Konsumsi makanan yg serba alami saja ya mas. Trima ksih atas kepercayaannya dan kunjungannya

      Hapus
  15. saya seorang laki-laki berumur 22 th...
    Intensitas kencing saya sangat parah, sudah berlangsung sekitar 6th sejak saya kelas 2 sma,,,,
    saya pernah operasi pengangkatan batu ginjal, tapi masih sering pipis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenis batu ginjal itu banyak mas, dg mengetahui jenis batu ginjal yang anda alami dapat membantu anda mengerti apa yang menyebabkan batu ginjal terbentuk dan dapat memberikan petunjuk apa yang dapat anda lakukan untuk mengurangi risiko mengalami batu ginjal. Jika Anda pernah memiliki batu ginjal, maka tinggi risiko kemungkinan Anda terkena batu ginjal lagi.. Jika frequensi kencing makin parah, konsultasikan ke dokter, ini dikhawatirkan infeksi saluran kemih.

      Alternatif pengobatan alami yg bisa mas lakukan, coba minum ramuan dibawah
      Minum campuran dua ons jus lemon dengan dua ons minyak zaitun ( 1-2hr) lalu sertai minum air putih yg bnyk, istirahat yg cukup dan kurangi makanan yg byk mengandung kalsium tinggi (terutama suplemen) dan kurangi makanan yg mengandung garam.

      informasi ini bersumber dr .earthclinic.com, banyak org luar sdh mengkonsumsi jus lemon tsb dan merasakan khasiatnya. Semoga batu ginjalnya tdk kambuh lagi. Terima ksh

      Hapus
  16. selamat malam mba, saya wanita usia 20 thn, saya sudah lbh dr 3hari ini selalu merasa ingin buang air kecil itu dalam intensitas waktu yang singkat dalam 1 menit saya bisa berkali-kali buang air kecil bahkan saat saya melakukan aktivitas, rasanya sakit dan sempat ada darah sdkit yg kluar saat saya buang air kecil , apakah itu bisa termasuk salah satu gejala sistitis ? selain itu saya melihat seperti ada perubahan pada bagian perut bawah bagian dpn miss V terlihat agak besar , solusinya apa ya mbak ?ato saya harus berkonsultasi k dokter apa ?terimakasih mbak , mohon di balas :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak ayu, kadang td semua penyakit sistitis ditandai gejala tsb diatas, gejala yg hampir mirip dialami mbak ayu bisa jadi krn termasuk slh satu penyakit Vaginitis / infeksi peradangan vagina. Penyebabnya macam2, bisa krn didaerah V sering lembab, hubungan seksual, sabun dan busa sabun, semprotan, tisu, dsb. Bakteri vaginosis dapat menyebabkan sejumlah komplikasi ( termasuk peningkatan risiko penyakit radang panggul , penyakit menular seksual , dan persalinan prematur dan kelahiran prematur ) , penting untuk mengobati infeksi secepat mungkin. Dalam mengobati vaginosis bakteri , penyedia layanan kesehatan biasanya meresepkan antibiotik ( yang membantu mengembalikan keseimbangan yang sehat bakteri dalam vagina ) . Ketika mengobati vaginosis bakteri , penting untuk menggunakan semua obat yang diresepkan ( bahkan setelah semua gejala mereda )

      Utk lbh detailnya mmg hrs cek laboratorium atau ke dokter mbak ayu. Terima kasih

      Hapus
  17. selamat sore mba
    saya wanita umur 19thn akhir-akhir ini saya sering buang air kecil terkadang serasa ingin buang air kecil dan terkadang pinggang belakang terasa sakit dan disusul dengan sendi-sendi dipergelangankaki dan tangan terasa ngilu bergantian terus perut terkadang sakit

    BalasHapus
  18. Apakah penyebab B.A.K gara2 keseringan minum air yg bnyk

    BalasHapus
    Balasan
    1. minum banyak termasuk slh satu penyebab sering kencing. kadang olah raga terlalu berat, dan ada yg sering dikenal panas dalam,cuaca, susah buang air besar..frekwensi kencing jadi bertambah

      Hapus
  19. saya laki2 berumur 17 thn, saya sering buang air di malam hari..,

    apakah saya mengidap suatu penyakit....?

    MOHON PENJELASANNYA

    TERIMAKASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. udara malam hari yg terasa dingin menambah frequensi buang air sering terjadi mas, apalagi kalo tidur di ruang AC, pasti bakal bolak balik kamar mandi. Jika tdk terjadi keluhan seperti rasa nyeri saat kencing,berdarah,dsb.. tdk perlu dikhawatirkan mas. terima kasih

      Hapus
  20. Akhr2 ini buang air kecil saya knp jd meningkat yaa berselang 10 mnitan saya buang air kecil lg bgtu seterusnya ..
    tp warna urine.a normal bening kok ..
    itu knp yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di cek dulu ke labor mbak riska, apalagi jk disertai sakit pinggang dan nyeri saat buang air kecil. Tp jk tdk ada keluhan, mungkin krn cuaca yg sering hujan, atau akibat panas dalam dan bisa jadi krn kesuitan buang air besar akibatnya kondisi kandung kemihnya agak turun.

      Hapus
  21. saya wanita umur 22 th,..saya sudah menikah,akhir2 ini saya selalu buang air kencing,..kadang sampai g terasa klo saya kencing,,ky ngompol gt,,tp kluar air kencingnya dkit bgt,..stiap kencing skit n ada rasa kya geli gt sampai puser sktnya berasa,..iyu kenapa ya????tlong solusinya,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek dokter mbak, dikhawatirkan ada apa2nya disekitar rahim. bny kasus yg sama dgn indikasi beragam, infeksi saluran kemih, ginjal, virus sekitar vagina dll. jgn tunda lagi ya mbak...segera cek labor

      Hapus
  22. saya reni umur 20 th..
    saya sering bget kencing tp keluarnya dikit2... mungkin 1jam tuh 10x lebih..
    tyus klo pas pipise keluar tuh rsane ngilu bgett smpe k.perut...
    itu kenapa yaw???
    mohon solusinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon dibaca ulang kolom komentar dan jawaban nya mbak reni. mgkn bs membantu solusi dr permasalahanya. trima kasih

      Hapus
  23. Saya indri umur 20thn
    Saya sering kencing sesudah kencing saya merasa ngilu,tetapi keluarnya sedikit dan sering
    Mohon solusi dan kenapa ? Terima kasih

    BalasHapus
  24. Saya indri umur 20thn kencing saya sering dan sesudah kecing saya merasa ngilu,tapi air kecingnya keluar sedikit sedikit,mohon solusi dan kenapa ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak indri. indikasinya infeksi saluran kencing, coba tes urine dulu ya mbak. dan penyebabnya byk sekali. dicoba juga minum dan siramkan rebusan air daun sirih. terima kasih

      Hapus
  25. Saya dios 20 tahun, mau nnya nih mbak ini setiap saya minum air, pasti di setiap 5 menit saya pasti akan pipis, dan bisa di pastikan setiap saya minum lagi, bawaan nya kepengen pipis lagi.
    mohon solusinya mbak dan knpa yah??
    makasih .. .. :)

    BalasHapus
  26. saya wanita yang berumur 20 thn saya 7 bulan yang lalu saya menderita penyakit luka lambung dan nyeri di bagian hulu hati, setelah mnjalani pengobatan 1 bulan kmudian nyeri di hulu hati itu sembuh, lalu saya kira penyakit luka lambung saya itu sudah sembuh saya mengonsumsi sering minum kopi dan makan makanan pedes lagi, setelah itu saya sering bolak balik kamar mandi terus buang air kecil sampai sekarang sehari bisa lbh dari 10 atau lebih,

    mohon solusinya y mbak knp?

    makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyakit tukak lambung atau sering disebut sakit maag sampe saat ini blum ada obatnya. byk org slah persepsi bahwa penyakit ini akibat sering makan pedas, asam,kopi dll. Padahal ada bakteri lain penyebabnya sdgkn makanan pedas dan kopi hanyalah memperparah lambung menjadi luka. Sering penderita mengkonsumsi obat anatsida utk mencegahnya, namun obat tsb bukan mengobati dan menyembuhkan. Cobalah makan teratur dan jgn biarkan perut kosong lalu menyantap minuman dan makanan yg dp mempengaruhi pengeluaran asam lambung.

      utk obat alami bisa mengkonsumsi air rebusan daun kemuning. tanaman ini kyk bunga melati. ambil 35gr daun kemuning n masak dgn 3gls air. sisakan air rebusan hingga 1,5gls lalu saring dan minum. rutinkan tiap hari

      utk gejala sering beser, coba cek labor mbak, dikhawatirkan ada penyakit lain yg menggaanggu. cepat sembuh ya mbak n cobalah makan teratur n hindari jajan sembarangan. terima kasih

      berhati-hatilah dlm konsumsi obat maag

      Hapus
  27. Nama saya putri, saya berusia 19 tahun, untuk 1minggu blakangan ini saya sering buang air kecil, padahal dulunya dalam sehari saya hanya buang air kecil 3 sampai 4 kali dalam 24 jam. Dan akhir" ini saya sering buang air kecil disertai rasa sakit diperut bagian bawah dan tempat kluarnya air seni tersebut. Itu knpa ya,? Mohon masukkannya ya. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak yuli/putri.
      Tidak semua keluhan penyakit indikasi atau jenis penyakitnya sama. Memang sih kalo sakit yang disertai sering buang air kecil, mungkin saja anda terkena infeksi saluran kemih. penyebabnya karena terlalu lama menahan buang air kecil, terlalu sering menahan buang air kecil (kencing) juga dapat memicu timbulnya penyakit ini, dan lain sebagainya.

      Biasanya kalo cek labor atau tes urine, dokter akan memberithu jenis penyakit yg anda derita. Saran sy kepada semuanya...jangan suka menahan kencing dan menunda2nya, bahaya sekali. ok itu sj jawaban dr saya. terima kasih

      Hapus
  28. Saya laki-laki berumur 15 tahun saya sering sekali kencing misalnya minum satu gelas.dalam beberapa menit saya akan kencing secara terus-menerus kencingnya banyak dan berwarna bening penyebabnyw apa ya dan tolong solusinya.

    Terima kasoh .

    BalasHapus
  29. Suami saya umur 37th,sudah 1minggu mengeluh disebabkan sering buang air kcil/anyang anyangen,dia takut kalau terkena diabetes karena ayahnya dulu juga terkena diabetes.Apakah diabetes bisa jg karna keturunan..mohon penjelasannya,trima kash.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyakit diabet bisa muncul krn faktor keturunan ibu, kalo jaman dulu diabetes bisa dicek dengan melihat air seni yg dikerubuti semut atau dicicipin sedikit rasa air seninya. Dgn cek labor, dokter bisa deteksi penyakit suami ibu sebelum terlambat.

      Hapus
  30. Saya wanita umur 21 tahun
    ♏åu nanya kenapa yahh abis minum obat aku selalu pipis ampe tidak bisa dihitung .mungkin tiap 15 menit ♏ååʊʊʊ pipis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, salah satunya, dapat membuat anda lebih sering pipis untuk sementara dan kembali normal setelah anda berhenti minum obat.

      Hapus
  31. Saya wanita umur 18 tahum saya mau nanya kenapa dari tadi pagi saya bolak balik ke wc terus sll rasannya bentar" pengen pipis setiap saya pipis itu sakit dan pipis saya pun hanya sedikit,
    Mohon komentarnnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Neng witri,,coba cek pd kolom komentar, keluhannya pernah sy jawab dr pertanyaan teman lainnya. trima kasih

      Hapus
  32. Saya abdul
    Laki2 umur 21th, saya sering buang air kecil trutama di malam hari pada waktu yg sama sering trjd dan itu mengganggu kualitas tidur saya di malam hari. Kira2 kenapa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keadaan sering buang air kecil dimalam hari ini bisa dimungkinkan merupakan salah satu gejala sakit kencing manis dan infeksi pada ginjal. Selain itu mungkin juga terdapat gejala lain yang mendukungnya.

      Selain seringnya buang air kecil, juga biasanya akan merasa haus, sering merasakan lapar, kelelahan n berat badan menurun. Jika beberapa gejala tersebut ada, sebaiknya segera periksakan ke dokter, untuk diperiksa kadar gula di labor

      trima kasih Abdol semoga bisa membantu

      Hapus
  33. Saya reni 17th, saya ada masalah sejak 3 hari terakhir ini. saya sering merasakan ingin buang air kecil, tapi setelah saya buang air kecil rasa ingin buang air kecil itu timbul lagi. Bahkan dalam kurun waktu kurang dari 1 menit. Saat buang air kecil juga rasanya sakit sekali, air kencing juga berwarna agak keruh, bahkan sempat sedikit keluar darah. Kira-kira saya kenapa ya? Dimohon jawabannya & solusi untuk mengobatinya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cek dikolom komentar..dan lihat artikel warna air kencing..dg menggunakan kotak search diatas menu blog. trimakasih

      Hapus
  34. Malam ka saya liana umur 17 thn mau nanya baru hari ini sekitar pukul 19.00 knp saya sering kencing" terus yah memang badan saya lagi kurang enak . Tolong jawab penting saya takut soalnya :'(

    Terima kasih ka sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dek liana..biasanya kalo lg demam frequensi kencing sering banyak..cuma kalo infeksi saluran kencing ditandai dgn sakit pd perut bagian bawah, saat kencing terasa panas,warna air seni keruh n juga bisa disertai darah, demam.dsb. Kalo gejala sering kencingnya tdk kenal waktu,mlm, hr panas n dingin..segera kedokter..ya..ngga usah takut...menghindari dehidrasi perbny minum n mkn sayur juga konsumsi makan yg byk kuahnya. terima kash

      Hapus
  35. PUTRI,,,,

    Siang mas,, aq mau nany bbrpa hri ini aq sering buang air kecil dan ada rasa tidak nyman pda vagina penyebab nya pa ya mas,,,,
    tq ya mas,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bakteri...atau juga virus...penyebbnya macam2..kurang bersih saat buang air kecil, pembalut, indikasi penyakit lain

      Hapus
  36. siang mas, saya punya saudara laki-laki yg berumur 29 tahun,, dia mengalami sering buang air kencing sejak 8 tahun silam hingga sekarang... apa penyebabnya hingga keluhan tersebut bisa sampai bertahun-tahun..

    sebelumnya terimakasih atas jawabannya bila berkenan,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sulit mendeteksi penyakit jika tidak disertakan keluhan lainnya. Banyak orang memiliki penyakit ginjal kronis disebabkan gejala penyakit ginjal ini berlangsung lama hingga tidak bisa dideteksi pemiliknya. Gejala penyakit ginjal ini sering datang dan hilang, tapi biasanya bila gejala penyakit ini mulai makin berat..itu sudah mencapai ginjal kronis bahkan gagal ginjal.

      Sarankan ketemannya mas untuk segera cek labor, waspada sebelum terlambat. terima kasih

      Hapus
  37. Saya wnita b'umur 19 thun
    akhir akhir ini saya sering buang air kecil tapi setelah buang air kecil jlan keluarnya air tadi terasa agak nyeri dan rasa nya seperti mau keluar air lagi.
    Mohon jawaban

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek di kolom tanya jawab komentar atas pertanyaan mbak denty

      Hapus
  38. Saya wanita berumur 22 tahun,

    Sekitar 3-4 minggu yang lalu semenjak saat saya minum kopi 2 cangkir pada malam hari perut saya terasa mulai sakit, kata teman saya itu akibat asam lambung yg meningkat krn belum makan dan sudah minum kopi. Semenjak kejadian itu, beberapa hari setelahnya setiap kali saya ingin kencing terasa sakit dan anyang-anyangan, kencingnya pun sedikit-sedikit dan berwarna kuning serta berbau selain itu perasaan ingin buang air kecil terasa sangat sering. Memang, air kencing saya sebelum-sebelumnya sudah berwarna kuning dan sedikit berbau. Ada yg bilang kalo saya kurang mengkonsumsi air putih, buah dan sayuran. apa benar itu berpengaruh dok?

    Selain itu 2 hari yg lalu saya merasakan sakit yg teramat sangat di bagian perut sebelah kanan hingga punggung bagian bawah serta badan saya juga terasa seperti demam setiap malam hari. Awalnya saya mengira hal tersebut penyebab dari tanda ingin menstruasi tapi ternyata bukan. Setelah saya googling, ada masalah dengan ginjal. Apa benar dok? Kira2 saya menderita penyakit apa ya?Bagaimana cara mengatasinya?
    Terimakasih dok, mohon bantuan serta sarannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, sy jelaskan sy bukan dokter, sy hanya membantu memberikan informasi dr dokter di berbagai sumber. keluhanya bny sekali, baiknya lgsg cek labor utk tes urine, ginjal n beberapa penyakit lainnya bisa diketahui setelah periksa tes urine. Jgn ditunggu lagi.

      Hapus
    2. Maaf, sy jelaskan sy bukan dokter, sy hanya membantu memberikan informasi dr dokter di berbagai sumber. keluhanya bny sekali, baiknya lgsg cek labor utk tes urine, ginjal n beberapa penyakit lainnya bisa diketahui setelah periksa tes urine. Jgn ditunggu lagi.

      Hapus
  39. Saya fitri, 20 tahun. Saya seminggu ini sering tanpa sadar pipis di kasur. dan ketika saya melanjutkan pipis di kamar mandi, terasa seperti tidak pipis. Air kencingnya mengalir begitu saja tanpa bisa dirasakan sedang keluar. Padahal sebelumnya tidak pernah begitu. Dan hal yang sama terjadi ketika saya berada di tempat baru yang menurut saya kurang nyaman. kira-kira kenapa ya min?

    BalasHapus
  40. dokter yang mengerti benar soal ini di jakarta barat dimana ya?

    thanks

    BalasHapus
  41. saya ira, 19 tahun. akhir2 ini saya sering bgt pengen pipis. dalam 1 jam bisa 2 kali.. air kencing yang keluar juga cuma sedikit, itu karna apa ya??? mohon di respon
    trimakasih

    BalasHapus
  42. Saya berumur 18 tahun saya serinv sekali beser bahkan saya pernah buang air kecil di dalam lift tapi hanya sedikit dan setiap kali saya berjalan menuju toilet saya sudah beser. Apa yang salah dari cara hidup saya? Kenapa saya masih muda sudah bisa beser?

    BalasHapus
  43. Sy perempuan berumur 24 tahun mba.akhir2 Ιпi sy sering buang air kecil tp tdk merasa skit ѕαмα sekali. Jika ingin †iϑų® ǰυҨα̍ sering buang air ϑàή klu tiDur biasanya sy bangun sekali untuk buang air kcil mba.apakah sy menderita suatu penyakit?mhon penjelasanx mbak.

    BalasHapus
  44. @anonymous
    ngga pa pa sih mbaak..maaassih wajar..sy pun juga begitu..selagi ga ada keluhan lain ga masalah

    BalasHapus
  45. Saya ibu umur 26 tahun. Saya merasakan gejala sering ingin kencing dan kencingnya sedikit2 kalo udah begitu terasa nyeri di miss V. Tetapi gejala ini hanya terjadi sekitar jam 19.00 sampai 24.00 setelah tidur dan terbangun dini hari tidak terjadi lagi gejala tersebut. Mohon bantuannya atas permasalahan atas masalah saya ini, terima kasih banyak.

    BalasHapus
  46. Menurut info yg sy dptkan..
    kemungkinan terjadi infeksi saluran kemih. hal ini disebabkan adanya bakteri yang berkembang biak pada saluran kemih. pada wanita lebih rentan terjadinya hal ini karena uretra wanita lebih pendek daripada pria sehingga bakteri lebih mudah menjangkaunya. Sebaiknya anda berkonsultasi kembali ke dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut untuk memastikan apa penyebab nyeri saat berkemih seperti urinalisis (analisa urin)

    BalasHapus
  47. Umur saya 18 tahun. Saya sangat sering buang air kecil ketika di malam hari. Urine saya berwarna putih. Beberapa bulan yang lalu saya sering merasakan sakit di daerah kandung kemih. Tetapi akhir2 ini rasa sakit itu sudah hilang. Mohon bantuannya atas permasalahan ini

    BalasHapus
  48. Saya berumur 21 tahun, kenapa setiap saya buang air kecil saya sering merasakan sakit kencing atau sering dibilang dengan sebutan anyang anyangan itu terjadi karena apa ya?
    mohon jawabannya ya,trmkasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. anyang2an biasanya di alami wanita yg sdh menikah, kemungkinan besar karena senggama di lakukan kurang bersih atau tidak langsung berkemih setelah senggama selesai/ Bila langsung berkemih setiap kali habis senggama, bibit penyakit yang mungkin berkumpul di mulut luang saluran kemih yang berada diatas vagina yang mungkin dibawa oleh kemaluan suami, akan terhanyutkan oleh proses berkemih.
      Atau
      sekali pernah terserang anyang-anyangan biasanya sewaktu-waktu penyakitnya bisa kambuh kalau kebersihan sehabis bersenggama kurang dijaga. Kekambuhan anyang-anyangan pada wanita sering terjadi sehabis sengggama. Bila bersenggama kurang bersih, mungkin karena kemaluan suami beum dicuci, dan istri juga belum mandi bersih, sehabis senggama pihak istri tidak langsung berkemih, itu merupakan faktor pencetusnya.

      Hapus
  49. Kak permisi kalau kita sering buang air kecil setelah minum obat atau suplemen.. dan beberapa saat setelah itu mnjdi normal kmbali itu pertanda apa ya? Berbahayakah ? Atau hnya efek dr bekerjany obat saja? Terima kasih banyak..

    BalasHapus
  50. Gejala sering buang air kecil sesaat setelah minum obat/ suplemen bertanda apa ya kak? Berbahayakah? Atau hanya efek kerja obat saja? Trimkakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa obat-obatan memiliki efek diuretik yang menyebabkan lebih sering kencing untuk sementara. Anda akan kembali normal setelah berhenti meminumnya. Coba mnt resep obat ke dokter yg td byk mengandung uretik/sering buang air kecil

      Hapus
  51. Saya wanita,20 th dok saya sdh menikah pagi stlh malam pertama saya BAK tp baunya aneh dok, bau spt obat aneh pokoknya lalu kelamin saya rasanya seperti perih terbakar dan itu terjadi selama 4 hr ini setiap bngun tdr itu knp y dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagi yg baru menikah hal demikian sering dialami, terutama keseringan berhubungan intim,.bab sering.bermasalah. Lakukanlah foreplay yg baik, untuk menghindari daerah V jd lecet. Usahakan minum air putih yg banyak dan cuci daerah V setelah berhubungan intim

      Hapus
  52. mau tanya mbak kasihan ni istri. umur 21 ..cerita ny tdi pagi bagian V ny sakit waktu mau buang air kecil... buang air kecil ny terlalu sering , dan waktu ny gak lama , hanya 5 menit.. tapi sakit... tolong di bantu mbak.. kasihan istri saya.. thanks sebelum ny

    BalasHapus
  53. mbak tolong di bantu,,. kasihan sama istri.. kok waktu buang air kecil sakit, trus air kencing ny sedikit,, waktu ny sangat sering 5 menit sekali.... dia ny ngerasa sakit trus pada bagian V ny... tolong di bantu mbak ,dan di kasih solusi ny... thanks mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Posisi berjongkok yang menjadi kebiasaan kaum perempuan saat buang air seni di lantai kamar mandi / kloset wc yang tidak bersih bisa mengakibatkan percikan balik ke daerah alat kelamin saat kita cebok. Padahal di lantai kamar mandi atau wc umum banyak kuman - kuman.

      - Sebaiknya hindari penggunaan larutan antiseptik secara rutin untuk pencuci vagina karena bisa merusak PH vagina dan pada akhirnya kuman baik yang bertugas melawan infeksi pada saluran kencing dan vagina bisa mati

      - Namun, bila Anda buang air kecil jauh lebih sering dari biasanya maka hal itu dapat menunjukkan adanya masalah atau gangguan dalam tubuh. Kemungkinan penyebabnya antara lain:

      - Infeksi Saluran Kemih (ISK). ISK adalah penyebab utama peningkatan frekuensi buang air kecil.
      - Diabetes. Sering buang air kecil sering merupakan gejala awal dari diabetes saat tubuh mencoba untuk membersihkan diri dari glukosa yang tidak digunakan melalui urin.
      - Prostatitis akut adalah pembengkakan dan iritasi kelenjar prostat yang berlangsung cepat. Prostatitis akut biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri pada kelenjar prostat yang menyebabkan dinding kandung kemih menjadi sensitif. Kandung kemih mulai berkontraksi bahkan ketika masih memiliki sejumlah kecil urin.

      - Pembesaran prostat. Sering merasa ingin kencing, terutama di malam hari, adalah salah satu gejala dini pembesaran prostat jinak (BPH), yang banyak terjadi pada pria di atas usia 40 tahun.

      - Menstruasi. Hormon dalam tubuh perempuan berubah terus sepanjang bulan. Tepat sebelum menstruasi biasanya kelembaban wanita meningkat. Dalam beberapa hari menstruasi, kelembaban ekstra itu meninggalkan tubuh sehingga meningkatkan frekuensi buang air kecil.

      - Kehamilan. Pada minggu-minggu awal kehamilan rahim mengalami perkembangan sehingga menekan kandung kemih, menyebabkan sering buang air kecil.

      - Sistitis interstisial. Radang dinding kandung kemih kronis yang tidak diketahui penyebabnya ini ditandai dengan nyeri di daerah kandung kemih dan panggul. Gejala utama sistitis adalah dorongan kuat untuk buang air kecil, setiap kalinya hanya mengeluarkan sejumlah kecil urin (Jawa: anyang-anyangen).

      Untuk memastikan penyakit yg diderita istri mas Nanda, sebaiknya cek labor atau langsung konsultasi ke dokter. Makasih

      Hapus
    2. sdah 2 hari mas dia sakit ny... kasihan mas.. bisa kasih solusi yg tepat gak mas

      Hapus
  54. Mas sya sering kencing tpi gk skit ,warnanya bening tling jwab y mas sya taku .


    Umur sya 14TH
    J.kelamin Laki²

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sy bukan mas, coba cek di artikel sy http://sumber-catatan.blogspot.com/2014/01/test-kesehatan-lewat-warna-urine-atau.html
      atau bisa dikolom search tulis URINE, nnt ketemu artikelnya. Trima kasih

      Hapus
  55. saya akhir-akhir ini sering buang air kecil, tapi ketika buang air kecil,yang keluarnya itu sedikit-sedikit,terus saya juga kalo malem suka sakit perut,susah tidur, karena pikiran saya terus mau buang air kecil, kira-kira itu gejala apa ya kak??trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trima kasih atas kunjungannya, Kalo anda sudah menikah ada dua kemungkinan, gejala kehamilan dan gejala ginjal. Kemungkinan kedua tsb ada dan utk memastikannya perlu segera periksa ke dokter untuk dievaluasi dan kalau perlu lakukan cek laboratorium untuk fungsi ginjal. Kalau gagal ginjal sudah stadium lanjut, harus lakukan cuci darah bahkan cangkok ginjal.

      Hapus
  56. Kenapa ya setiap kali saya menahan kencing terus saya kencingkan kok di akhir kencing kok keluar air warna putih kaya susu gt y itu kira2 kenapa mohon penjelasannya donk,saya cowok umur 26 mksih

    BalasHapus
  57. Selamat pagi dok...
    Saya wahyu, umur 30 th. Keluhan saya, saya sering kali buang air kecil trutama sebelum tidur malam. Dan ketika saya kencing ada rasa panas dan perih. Ini sudah trjadi slama 2 minggu. Saya cek alat kelamin saya tdk ada prubahan apapun. Seperti benjolan/gatal pun tidak ada. Air seni saya kadang brwarna bening dan kadang kuning terang. Namun begitu saya cek, ternyata didalamnya ada cairan kental, tipis dan brwarna putih. Kira kira saya sedang mengalami sakit apa ya dok? Dan bgaimana cara mengobatinya?
    Mohon petunjuk dan penjelasannya
    Terima kasih dan salam sehat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mas Pendy sandy dan Mas Wahyu, sekali lagi maaf saya bukan dokter, dan saya mencoba mencari informasi akurat terhadapa pertanyaan yg diajukan di artikel ini.

      Kemaluan terasa perih dan keluar cairan kental, perih Dan Sakit saat kencing? di bagian penis atau kemaluan sering mengeluarkan cairan berwarna kuning kental seperti nanah dan mengeluarkan bau yang amis atau tidak sedap, dan agak sedikit gatal pada alat kelaminnya. Ketika sedang mengeluarkan air seni. Kalau di lihat gejalanya itu adalah salah satu penyakit menular seksual lebih tepatnya penyakit kencing nanah atau gonore ,penyakit ini bisa menular ke orang lain melalui hubungan sex, baik intercrouse (penis masuk ke vagina) atau petting (menggesekkan penis ke vagina) dan kalau di biarkan bisa sangat berbahaya
      Mohon maaf, sepertinya anda berdua terkena gejala penyakit Infeksi Menular Seksual / IMS/PMS, Penyakit ini hanya ditularkan melalui kontaks seksual dan menular,

      Untuk obat herbalnya coba pakai obat herbal dari De nature Indonesia, dan saya anjurkan pengobatan ke dokter supaya lebih akurat dan bisa di obati sejak dini. Terima kasih. Semoga lekas sembuh

      Hapus
  58. Nama sya Tania,umur 25TH,menikah,1 anak..
    Seminggu yg lalu awalnya saya merasakan anyang2an,sakit saat pipis,, skrg setelah saya kasih antibiotik,, anyang2an hilang dan tdak nyeri saat pipi,, tpi yg jdi masalah malah skrg perut sampai pinggang blakang saya sakit, dan saya jadi pipis terus2an memang saya minumnya byak tpi biasanya tdak begini,,,.. nah sewaktu saya pipi d akhir kerasa kaya ada yg tertinggal sdkit kencing,, setelah saya mejenin ato saya siram pake air baru keluar,, knpa seperti ini? Apakah ini berbahaya?

    BalasHapus
  59. Nama sya Tania,umur 25TH,menikah,1 anak..
    Seminggu yg lalu awalnya saya merasakan anyang2an,sakit saat pipis,, skrg setelah saya kasih antibiotik,, anyang2an hilang dan tdak nyeri saat pipi,, tpi yg jdi masalah malah skrg perut sampai pinggang blakang saya sakit, dan saya jadi pipis terus2an memang saya minumnya byak tpi biasanya tdak begini,,,.. nah sewaktu saya pipi d akhir kerasa kaya ada yg tertinggal sdkit kencing,, setelah saya mejenin ato saya siram pake air baru keluar,, knpa seperti ini? Apakah ini berbahaya?

    BalasHapus
  60. gejalanya,keinginan pipis itu terus menerus tanpa henti,begitu keluar kamar mandi langsung mau pipis lg. Lalu air seni yg dikeluarkan hanya sedikit saja dan setiap kalipipis rasanya belum tuntas seperti mau pipis lg.. memang tdk ada rasa sakit tp ini culup mengganggu aktivitas saya.. kira2 apa penyebab dan solusinya.. thx before :)

    BalasHapus
  61. gejalanya,keinginan pipis itu terus menerus tanpa henti,begitu keluar kamar mandi langsung mau pipis lg. Lalu air seni yg dikeluarkan hanya sedikit saja dan setiap kalipipis rasanya belum tuntas seperti mau pipis lg.. memang tdk ada rasa sakit tp ini culup mengganggu aktivitas saya.. kira2 apa penyebab dan solusinya.. thx before :)

    BalasHapus
  62. gejalanya,keinginan pipis itu terus menerus tanpa henti,begitu keluar kamar mandi langsung mau pipis lg. Lalu air seni yg dikeluarkan hanya sedikit saja dan setiap kalipipis rasanya belum tuntas seperti mau pipis lg.. memang tdk ada rasa sakit tp ini culup mengganggu aktivitas saya.. kira2 apa penyebab dan solusinya.. thx before :)

    BalasHapus
  63. nama saya calvin umur 19. Saya sering kencing tetapi saat kncing hanya kluar sedikit sekali padahal saya kira akan kluar banyak. kira-kira penyebabnya apa ya? thank's

    BalasHapus
  64. Yang butuh bibit pohon Daun Afrika dan Insulin bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Siap kirim ke seluruh Indonesia. @Trims Prabowo JOgja

    BalasHapus
  65. Saya wanita usia 25 tahun dan sudah menikah akhir2 ini saya sering pipis sudah semingguan lah lama nya..dan pipis nya susah untuk di tahan.. Tapi pipisnya tdk berwarna orangr justru bening bersih..

    Lalu saya gejala apa ya?saya sangat takut sekali trlebih saya blm memiliki keturunan

    BalasHapus
  66. Makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
    QUEENXXX92
    Salam blogger !!!

    BalasHapus
  67. Umur saya 14 thn, ketika saya terkena ase/udara dingin, selalu merasa ingin buang air kecil... bisa tlng dijelaskan penyebabnya dan kalo ada, cara agar tidak terlalu sering merasa ingin buang air kecil apabila terkena udara yg dingin..maaf kalo bahasa agak kurang jelas..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek dikolom komentar, sudah ada penjelasan untuk pertanyaannya. makasih

      Hapus
  68. maaf, tolong bantu. saya di fonis radang usus besar, lalu di kasi obat metrodonazol dan rhodium, setelah sy minum obat kok sy keseringan kencing bahkan sampe 20x dlm 1 jam, apa ini bahaya atau reaksi normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf saya jarang buka blog, semoga sudah sembuh ya. Untuk penanganan nya lebih baik langsung ke dokter. Metrodonazel biasanya itu obat antibiotik sedangkan rhodium kebanyakan digunakan untuk obat ambeien. Kebiasaan meminum antibiotik saat sakit justru kadang membahayakan kesehatan tubuh termasuk bisa menyebabkan radang usus besar.

      Untuk semuanya bagi yang membaca artikel ini, biasakanlah bila sakit ringan tidak mudah mengkonsumsi obat medical, akhirnya sedikit2 ketergantungan obat dan seakan obat itu lah penyembuhnya, jatuhnya malah sirik ( yg menyembuhkan Allah) Obat alami justru aman buat kesehatan,hindari stres berlebihan. Semua penyakit ada obatnya dan sebelumnya minta pertolongan Allah melalui perantara obat yang diminum

      Hapus
  69. Dok saya laki laki ber umur 18 tahun . Hari ini saya selalu kencing setiap jam sekali . Dan sehabis kencing terkadang terasa nyeri di bagian penis saya. Kenapa ya dok

    BalasHapus
  70. Dok saya perempuan umur 20tahun . Sudah 3 hari ini saya suka sekali buang air kecil jedah cuma sebentar, terus buang air kecil lagi dan setelah buang air kecil perut dibawah puser sakit, terus badan saya juga panas(demam) solusinya dong dok..

    BalasHapus
  71. Saya mau tanya, sya laki2 umur 16, setiap mandi/bab kan pasti kencing, sewaktu kencing biasa2 saja, warna kuning spt biasa.
    Tetapi setelah itu serasa blm tuntas, spt ingin keluar lagi, dan waktu saya paksa keluar, keluarnya malah bening dan hanya sedikit. itupun masih terasa blm tuntas, mohon penjelasannya, itu kenapa ya? Normal atau tidak ya? Mohon penjelasannya.terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga apa2, itu masih normal saja kok selama tidak ada keluhan tertentu. Jangan sampai di bawa kepikiran ya, karna seringkali pikiran berpengaruh pada kondisi badan dan hati yg baik2 saja

      Hapus
  72. Sist saya wanita 27 tahun ..saya baru menikah tgl 4 oktober 2015 .saya sering2 kencing trus kayak anyang2an tadinya dikira akan hamil tapi trnyata cma telat datang bln saja..trus bln keduanya jg bgtu tp trnyata menstruasi,tp kok stlah menikah menstruasi saya tdk banyak yah?malah klo cape sdikit saja pkknya mrasa anyang2n sist..jadi sbnrnya knpa yah..mohon dijawab ..trmksh sist...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasakan mencuci bersih daerah V setelah berhubungan dengan suami. Dan bicarakan juga dengan suami sebelum melakukan hubungan badan untuk mecuci bersih alat kelamin, sbb virus dan bakteri mudah sekali menjangkiti bagian sensitif tertentu

      Hapus
  73. saya wanita usia 19 tahun,dalam beberapa menit saya sudah buang air kecil 5 kali.dalam waktu sehari saya buang air kecil hampir 20 kali dalam sehari.sedangkan urine yang saya keluarkan adalah jernih.apakah saya terkena penyakit berbahaya.tolong jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiknya langsung ke dokter dan cek labor, warna urine mengidentifikasi gejala penyakit. Kalau warna urine bening kemungkinan dehidrasi krn terlalu bny minum air jd keracunan air. Jika warna urine sangat bening/ tidak berwarna sama sekali indikasi diabetes, yg di sertai sering kencing dan haus

      Hapus
  74. Usia saya 18 thn tpi sudah menikah , sdah seminggu lebih stiap buang air kecil rasanya sakit banget bhkan setelah nya pun msih sakit bnget , hilang sakit nya lama
    Kira kira gejala penyakit apa ya
    Sekarang aja saya lagi ngerasain sakit setelah buang air kecil dan rasanya slalu ingin buang air kecil :'(

    BalasHapus
  75. sy wanita 48 tahun, sy sering sekali buang air kecil, (baru saja buang air kecil, perut rasanya penuh ingin buang air lagi) dan kalau tidak dikeluarkan pinggang belakang sakit, mohon solusinya. terima kasih

    BalasHapus
  76. Saya telat mens seminggu dan sering kencing tapi saya gak pernah hubungan intim, itu kenapa ya?

    BalasHapus
  77. Assalamualaikum ,

    Dokter, Saya Mau Nanya Nihhh .. Nama Saya Zidan Umur 14 Tahun . Saya Sering Melakukan Onani Dari Kelas 2 SMP sampai Kelas 3 SMP Semester 2 . Tetapi Saya Sudah Berhenti Onani . . . Saya Sering Buang Air Kecil , Sehari Bisa Sampai 7-8 Kali Buang Air Kecil . Waktu Malam Hari Setelah Buang Air Kecil Tuntas , Rasanya Masih Ingin Buang Air Kecil Lagi , Tapi Kalau Siang Hari Saya Jarang . Saya Juga Sering Minum Teh Sesudah Makan . . . . . . Kira-Kira Saya Sakit Apa Ya Dokter? . Apa Obatnya ? .

    Mohon Jawabannya ..
    Terimakasih . . .
    Wasallam Alaikum WR.wb

    BalasHapus
  78. Assalamualaikum ,

    Dokter, Saya Mau Nanya Nihhh .. Nama Saya Zidan Umur 14 Tahun . Saya Sering Melakukan Onani Dari Kelas 2 SMP sampai Kelas 3 SMP Semester 2 . Tetapi Saya Sudah Berhenti Onani . . . Saya Sering Buang Air Kecil , Sehari Bisa Sampai 7-8 Kali Buang Air Kecil . Waktu Malam Hari Setelah Buang Air Kecil Tuntas , Rasanya Masih Ingin Buang Air Kecil Lagi , Tapi Kalau Siang Hari Saya Jarang . Saya Juga Sering Minum Teh Sesudah Makan . . . . . . Kira-Kira Saya Sakit Apa Ya Dokter? . Apa Obatnya ? .

    Mohon Jawabannya ..
    Terimakasih . . .
    Wasallam Alaikum WR.wb

    BalasHapus
  79. saya akagami,
    saya mau bertanya, saya sering kali merasakan kencing setelah 10-15 menit setelah minum air,
    dan di perut bagian kiri bawah terasa sangat sakit jika saya sedang buang air kecil,
    kira2 itu gejala apa ya? dan cara mengobatinya bagaimana?

    terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  80. Sy ilham. Keluhan sy stiap minum yg manis2 atw udara dingin kencing sy jdi beser knpa ya dok

    BalasHapus
  81. saya pelajar umur 16 saya sudah ke dokter dan diberi obat saya sudah meminunya sampai 3 hari tapi tetap saat saya sedang duduk sila akan terasa ingin buang air kecil menurut dokter itu penyakit inveksi kira kira kkapan saya bisa sembuh ya ? saya diberi obat sampai tujuh hari jika belum sembuh juga apa yang saya harus lakukan.apakah ini juga karena saya terus memikirkan akan takut untuk kencing saat beribadah dan mendengarkan ceramah ,terima kasih mohon sarannya

    BalasHapus
  82. saya pelajar umur 16 saya sudah ke dokter dan diberi obat saya sudah meminunya sampai 3 hari tapi tetap saat saya sedang duduk sila akan terasa ingin buang air kecil menurut dokter itu penyakit inveksi kira kira kkapan saya bisa sembuh ya ? saya diberi obat sampai tujuh hari jika belum sembuh juga apa yang saya harus lakukan.apakah ini juga karena saya terus memikirkan akan takut untuk kencing saat beribadah dan mendengarkan ceramah ,terima kasih mohon sarannya

    BalasHapus
  83. Blog yang menarik dan informatif sekali

    Klinik Apollo Adalah Rumah Sakit di Jakarta, Dibidang Andrologi dan Ginekologi, terbaik dan Nomor 1 di jakarta memberikan layanan medis prima, dilengkapi alat medis yang modern menyembukan berbagai penyakit kelamin seperti Gonore, Kencing nanah, Sipilis sifilis,Kutil kelamin , Kondiloma akuminata, Kutu kelamin, Keputihan, Ejakulasi Dini.

    Konsultasi Dokter Online Gratis Penyakit Infeksi saluran kemih

    Cara Mengatasi kencing Nanah / Gonore

    CHAT DOKTER

    Cara Merawat Vagina Dari Keputihan

    BalasHapus
  84. Sy rina 23 th,dua hari in saya agak sering kebablasan saat buang air kecil (tiba2 menetes sedikit) padahal kondisi tidak sedang kebelet buang air kecil tp saat kondisi2 ti.mhon penjelasan secra medis,trimkasih

    BalasHapus
  85. Sy rina 23 th,dua hari in saya agak sering kebablasan saat buang air kecil (tiba2 menetes sedikit) padahal kondisi tidak sedang kebelet buang air kecil tp saat kondisi2 ti.mhon penjelasan secra medis,trimkasih

    BalasHapus
  86. Sayah nenah 37 thn, dua hari ini sering buwang air kecil baru pipis eh 15-20 menit udh mau pipis lgi udah gtu pada pegel kaki knpa ya dok mohon penjelasan nya trimakasih

    BalasHapus