*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Langkah Untuk Mulai Hidup Saat Ini

Seringnya kita tak menyadari betapa pentingnya hidup ini. Bukan hanya tentang bagaimana mencari keberuntungan hidup dari soal materi tetapi lebih tepatnya bagaimana kita tetap hidup disaat pikiran kita terus berpacu tanpa banyak mengkhawatirkn masa lalu dan masa depan atau mengantisipasi masalah. Dan bagaimana menjalani hidup saat ini dengan bijak dan sungguh-sungguh


Dalam artikel ini, baiknya kita mengkaji ulang beberapa manfaat hidup di saat kita mungkin tidak menyadarinya. Lalu kita akan melihat beberapa kendala didalamnya, dan mengapa kita khawatir, lalu bagaimana berhenti khawatir menggunakan beberapa praktik sederhana yang dapat dengan mudah kita masukkan ke dalam jadwal kesibukan. Semoga ini membawa solusi menuntun pada kehidupan yang lebih bahagia dan memuaskan

Berikut adalah beberapa hal yang akan sangat meningkatkan hidup:

Kesehatan yang lebih baik
Dengan mengurangi stres dan kecemasan, kita bisa menghindari banyak konsekuensi kesehatan seperti, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan obesitas. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengurangi kecemasan juga dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis.

Tingkatkan Hubungan
Pernahkah kamu bersama seseorang yang secara fisik ia hadir, tetapi secara mental ia berada satu juta mil jauhnya? Berada bersama orang-orang yang hatinya jauh dari kita adalah perjuangan, dan ini akan membuat hubungan dengan mereka menjadi sangat sulit. Ketika kita berada bersama seseorang yang sepenuhnya hadir akan membuat hubungan lebih mendalam dan nikmat kebersamaan lebih terasa. Dengan hidup saat ini, kita bisa menjadi orang yang dinikmati orang lain dan membuat hubungan jauh lebih mudah dan akrab

Kontrol Diri yang Lebih Besar
Kita semua memiliki kendali besar atas pikiran, tubuh, dan emosi kita. Betapa hidup ini akan jauh lebih baik jika kita mampu mengendalikan hati dan emosi yang kadang tidak bisa diprediks. Kita tentu akan lebih tenang, dan jauh lebih bahagia.

Mengapa Kita Khawatir?
Sebelum kita menjawab pertanyaan ini, penting untuk membedakan antara khawatir dan kekhawatiran. Ketika kita khawatir tentang sesuatu, kita lebih cenderung berurusan dengan masalah nyata dengan solusi realistis. Kemudian setelah kita melakukan apa pun untuk mengatasi masalah, maka kita lebih terbuka untuk hidup dengan hasil akhirnya

Sedangkan kekhawatiran, melibatkan pemikiran yang tidak realistis. Kita mungkin khawatir tentang masalah yang tidak benar-benar ada atau yang belum tentu ada, atau memikirkan semua hal buruk yang dapat terjadi sebagai akibatnya. Lalu, kita merasa tidak mampu menghadapi hasilnya. Hal ini akan membuat kita mengalami kesulitan berurusan dengan ketidakpastian, yang merupakan bagian dari normal kehidupan.

Tentu saja, beberapa masalah mungkin tidak menghasilkan solusi yang diinginkan, beberapa masalah mungkin berada di luar kendali kita seperti masalah kesehatan yang serius, atau krisis ekonomi yang berdampak berat pada kehidupan semua orang, Dalam kasus seperti itu, sulit untuk menghindari kekhawatiran, tetapi bukan tidak mungkin. Beda lagi bila anda terlibat hutang piutang lebih banyak dan tidak punya dana untuk membayarnya, ini justru menakutkan karena sebelumnya kita terlalu ceroboh mengikuti nafsu dan gaya hidup

Langkah untuk Mulai Hidup di Saat Ini

Atasi Khawatir
Untuk mengatasi kekhawatiran, belajarlah untuk menikmati moment saat ini karena hal itu akan berdampak pada ketenangan pikiran dan dapat melihat dengan lebih jelas solusi apa yang akan dilakukan sebelum masalah lain datang

Beberapa masalah tampak begitu menakutkan  karena pikiran kita berpacu begitu cepat sehingga kita tidak dapat melihat segala sesuatu sebagaimana adanya. Selain melihat lebih jelas, hidup di saat ini akan membantu kita berpikir lebih realistis. Pemikiran yang tidak realistis didorong oleh kebingungan dan emosi yang tidak terkendali. Menenangkan pikiran akan mengurangi kebingungan dan menenangkan emosi kita.

Belajarlah untuk Fokus pada Solusi, Bukan Masalah
Beberapa orang cenderung lebih berorientasi pada solusi, dan yang lain lebih berorientasi pada masalah. Beberapa faktor yang menentukan ini adalah jenis kelamin, pengasuhan, dan pendidikan.

Orang-orang dengan pendidikan tinggi dan berpikiran kedepan cenderung menjadi pemecah masalah. Itulah yang melatih pendidikan mereka selama bertahun-tahun. Selain itu, pekerjaan mereka mungkin memperkuat cara berpikir ini. Jika kamu tidak berorientasi pada pemecahan masalah, jangan khawatir. Kita bisa melatih diri untuk tidak terlalu khawatir.

Dalam dunia yang super sibuk saat ini, dapat menjadi tantangan untuk hidup di saat ini. Alasannya berkisar pada bagaimana pikiran kita bekerja, dan pengaruh luar lainnya. Banyak orang sibuk memiliki pikiran cepat yang sepertinya tidak pernah melambat. Pikiran mereka menjadi begitu gelisah karena terlalu banyak stimulasi sensorik.

Apa pun yang merangsang salah satu dari lima indera kita (penglihatan, suara, rasa, sentuhan, dan bau) akan memicu pikiran, dan pikiran itu mengarah ke yang lain, lalu ke yang lain, dan seterusnya.

Jika kita memiliki kehidupan yang sibuk, semua aktivitas akan merangsang pikiran kita secara berlebihan, dan membuatnya tampak mustahil untuk memperlambatnya. Dan pikiran yang gelisah ingin pergi ke tempat dan waktu lain.

Situasi yang Tidak Menyenangkan dan Masa Lalu yang Sulit
Tidak seorang pun di antara kita ingin berada dalam situasi yang tidak menyenangkan, atau mengingat masa lalu. Hal itu dapat memunculkan emosi yang menyakitkan, yang tidak ingin kita rasakan. Solusinya dengan melakukan apa pun yang kita bisa untuk menghindarinya, dan kita bisa menghindarinya dengan membawa pikiran kita ke tempat dan waktu lain di mana segala sesuatu lebih menyenangkan.

Ada juga beberapa orang memilih melakukan hal-hal yang merangsang kenikmatan indrawi, seperti makan tak terkendali, minum alkohol, atau seks, mengonsumsi zat yang membuat pikiran mereka tumpul, dan mencegah mereka memikirkan situasi yang tidak menyenangkan atau stres. Namun tindakan tersebut bukan solusi yang tepat

Pikiran Berkeliaran
Dari saat kita dilahirkan hingga saat kita mati, tubuh dan pikiran kita aktif melakukan beberapa fungsi. Jadi wajar bagi pikiran kita untuk memiliki beberapa tingkat aktivitas, baik sadar atau tidak sadar. Umumnya, pikiran yang berkeliaran tidak produktif. Seperti disebutkan di atas, satu pikiran memulai rantai pikiran yang tak berujung. Alasannya adalah bahwa satu pemikiran mengingatkan kita pada sesuatu yang lain, dan proses ini dapat berlangsung sampai kita membutuhkan pikiran kita untuk melakukan fungsi tertentu, atau sampai kita terganggu dengan sesuatu yang lain.

Ada kalanya pikiran yang berkeliaran bisa menjadi produktif, seperti ketika menciptakan karya seni, atau mencoba menemukan solusi kreatif untuk masalah. Dalam kasus seperti itu, kita perlu pikiran untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan.

Pengaruh Luar
Sebagian besar dari kita tidak sepenuhnya menyadari bagaimana norma-norma lingkungan dan sosial mempengaruhi pemikiran dan perilaku kita. Orang-orang dan lembaga terus bersaing untuk mendapatkan perhatian kita. Berita dimedia menarik perhatian kita ke masa lalu, dan iklan biasanya mempengaruhi ke masa depan, memberi tahu kita bahwa jika kita memperoleh hal-hal seperti karier, keluarga, dan rumah yang baik, maka kita akan bahagia. Bukan itu saja, banyak orang di sekitar kita yang memikirkan masa lalu atau masa depan mencoba menarik kita ke cara berpikir mereka.

Perhatian Penuh
Jadi bagaimana kita bisa hidup di dunia saat ini yang terus-menerus berusaha menarik perhatian kita ke masa lalu dan masa depan? Sebelum kita melakukan tindakan nyata yang dapat kita lakukan, penting untuk memahami apa itu perhatian. Kita mungkin pernah mendengar istilah itu sebelumnya, tetapi mungkin tidak sepenuhnya mengerti apa artinya.

Menjadi sadar untuk hidup di saat ini. Ketika kita melakukan perhatian penuh, perhatian kita terfokus pada apa yang terjadi di saat ini. Ketika kita sadar, kita sepenuhnya berhubungan dengan kenyataan karena saat ini adalah saat di mana realitas terjadi. Kita sadar akan apa yang terjadi dalam tubuh, pikiran, emosi, dan dunia di sekitar kita. Untuk mengembangkan pemahaman yang lebih besar, kita tidak harus terlalu memikirkannya, tetapi cukup amati saja.

Ini mungkin kontra-intuitif bagi banyak orang, terutama bagi kaum intelektual, karena mereka sudah terbiasa menggunakan logika untuk mengembangkan pemahaman yang lebih besar. Dengan perhatian penuh, kita bbisa menenangkan pikiran dan emosi kita sehingga kita dapat melihat dengan lebih jelas. Ketika kita mengembangkan perhatian, kita benar-benar memperluas kesadaran kita.

Untuk mengembangkan perhatian, kita perlu melatih diri kita untuk mengamati hal-hal yang lebih objektif, yaitu, tanpa emosi kita atau ide-ide yang terbentuk sebelumnya yang mempengaruhi pandangan kita.

Kita akan terkejut mengetahui seberapa besar emosi dan pengalaman masa lalu mempengaruhi penilaian kita. Apa yang banyak dari kita lakukan, termasuk para intelektual, adalah membuat penilaian cepat tentang seseorang atau situasi, kemudian menambahkan alasannya setelah itu. Itu bukan logika, melainkan rasionalisasi.

Ketika kita sadar, kita menghakimi sampai kita memiliki informasi lebih lanjut. Perhatikan kata antara "informasi lebih lanjut," dan bukan "informasi lengkap." Tidak mungkin memiliki informasi lengkap tentang sesuatu karena ada banyak sekali faktor yang memengaruhinya. Jadi hal terbaik untuk dilakukan adalah seobjektif mungkin, dan selalu terbuka terhadap informasi baru.

Melihat dunia dengan cara ini bisa menjadi tantangan, dan butuh latihan untuk mengatasi kebiasaan berpikir bertahun-tahun. Tapi itu bisa membuat hidup kita jauh lebih memuaskan, karena kita akan dapat membuat keputusan yang jauh lebih baik yang akan menghasilkan kebahagiaan sejati dan kedamaian batin. Jadi, jika kita siap menjalani kehidupan yang lebih baik,untuk membantu kita hidup di saat ini, yaitu kenyataan.

Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Tips Langkah Untuk Mulai Hidup Saat Ini"