*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Bunga Nasional Kita Mewakili Simbol Negara Indonesia

Indonesia memiliki banyak jenis bunga, diantaranya ada 3 bunga yang menjadi simbol mewakili karateristik negara Indonesia. Bunga tersebut sudah di tetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 4/1993. 3 jenis bunga yang menjadi bunga nasional adalah :

Bunga melati putih (Jasminum sambac) sebagai puspa bangsa
Bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) sebagai puspa pesona dan
Bunga padma raksasa (Rafflesia arnoldii) sebagai puspa langka.



1. Bunga Melati 
Bahasa latinnya Jasminum sambac dikenal sebagai puspa bangsa. Melati berasal dari Asia selatan yaitu India, Myanmar dan Sri Lanka. Tumbuhan ini biasanya di juluki simbol kesucian, sering digunakan di acara pernikahan. Melati tumbuhnya sering merambat karena itu sering yang digunakan sebagai tanaman pagar dengan ketinggian mencapai 2 meter 




2. Anggrek Bulan
Bahasa latinnya Phalaenopsis amabilis disebut sebagai puspa pesona ditemukan oleh seorang ahli botani Belanda, Dr. C.L. Blume. Anggrek ini tersebar luas mulai dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua, hingga ke Australia. Cara hidupnya secara epifit dengan menempel pada batang atau cabang pohon di hutan-hutan dan tumbuh subur hingga 600 meter di atas permukaan laut.




3. Padma Raksasa 
Bahasa latinnya Rafflesia arnoldii di sebut sebagai puspa langka. Dinamai Padma raksasa karena menjadi bunga terbesar di dunia. Bunga Rafflesia menjadi  tumbuhan parasit obligat, merambat (liana) Tetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis.
Di temukan pertama kali tahun 1818 di kabupaten Bengkulu Selatan dekat sungai Manna, Lubuk Tapi. Penemunya adalah seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold  Dr. Joseph Arnold sendiri saat itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Jadi penamaan bunga Rafflesia arnoldii didasarkan dari gabungan nama Thomas Stamford Raffles sebagai pemimpin ekspedisi dan Dr. Joseph Arnold sebagai penemu bunga

sumber wikipedia

Posting Komentar untuk "Ini Bunga Nasional Kita Mewakili Simbol Negara Indonesia"