*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenang INI BUDI Buku SD Era 70 - 80an


Masih ingat buku penuntun SD tahun 1970 - 1980an? Dulu, diawal masuk pendidikan sekolah dasar, kita mulai diperkenalkan dengan buku bahasa Indonesia yang berceritakan tentang keluarga Budi.

Budi tokoh sentral dalam buku bacaan itu, mampu menghipnotis pembacanya untuk rajin belajar dan membaca tanpa harus bimbingan les tambahan dan dibawah pengawasan orang tua. Hanya melalui gambar visual dan kata-kata sederhana,  metode tersebut membuat peserta didik mampu baca tulis serta memahami isi bacaan walau masih dengan mengeja huruf

Tokoh Budi selalu hidup dihati pembacanya hingga kini.Meski buku bacaan ala si Budi mengalami perubahan dan selalu berganti cover tiap tahunnya, ternyata malah menambah sulit para orang tua dan peserta didiknya. Buku telah menjadi ladang bisnis yang paling strategis di sekolah, baik itu keuntungan untuk sipenerbit, penjual juga para guru. Padahal, sekolah adalah tempat yang paling strategis untuk pembinaan nilai dan sikap, keterampilan dan kecerdasan yang berguna bagi masyarakat, negara dan bangsa.

Buku berlatih baca yang diterbitkan oleh DEP.P&K dijaman pak Harto ( Alm. Presiden Soeharto ) tersebut, menjadi seragam kurikulum SD seluruh Indonesia. Dialah salah satu bukti sejarah kejayaan era 70 - 80an, entah berapa juta manusia dididik baca tulis oleh buku tersebut. Pada zaman itu, semua buku panduan pelajaran sekolah seragam, baik diperkotaan maupun pedesaan. Para wali murid-pun tidak dibuat sulit,  sebab buku tersebut masih digunakan oleh generasi selanjutnya atau dengan kata lain seperti tulisan yang berada disampul buku " Rawatlah buku ini baik-baik, tahun depan adikmu yang akan menggunakannya "
Kini buku si Budi telah tersingkirkan oleh komik dan permainan, ia tidak lagi tersentuh atau mungkin malah sudah masuk gudang kuno perpustakaan tertentu saja. Buku salah satu media pendidikan yang baik apabila dikemas dengan bahasa yang sederhana, disertai dengan gambar visual yang mudah dicerna. 

Pengarang buku tokoh si Budi dalam bahasa Indonesia SD itu, kini menjadi legenda dan tak tergantikan. Dialah ibu / nenek / buyut Hj. Siti Rahmani Rauf, kelahiran Padang 5 juni 1919. Diusia senjanya, beliau prihatin terhadap kualitas / mutu lulusan SMA sekarang yang kalah jauh dengan lulusan Sekolah Rakyat dulu.

Perempuan yang memulai karir mengajarnya dari jaman Belanda ini, sangat fasih berbahasa Belanda lalu pensiun sebagai mantan kepala sekolah SDN Tanah Abang 5 pada tahun 1976. Terima kasih ibu Siti Rahmani Rauf, berkat jasamu, akhirnya aku dan kami semua bisa membaca dan menulis. Semoga Allah senantiasa melimpahkan kebaikan dan ketaqwaan padamu, ibu Siti Rahmani R.

3 komentar untuk "Mengenang INI BUDI Buku SD Era 70 - 80an"

  1. Ini budi
    ini bapak budi
    ini ibu budi
    Iwan tidur nyenyak.
    ha.... haa.....
    Masa lalu tak terlupakan.
    dengan buku itu orang sekampungku bisa membaca,

    BalasHapus
  2. Mau liat isinya masih ada yg punya?

    BalasHapus