*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Nama SMA Unggulan, Vaporit, RSBI dan Terbaik di Palembang



Kota Palembang memiliki sejumlah Sekolah Menengah Atas / SMA yang mampu bersaing baik ditingkat nasional maupun internasional. Segudang karya terbaik akademik mereka telah mampu membawa harum nama kota empek-empek ini. Berikut ini saya sajikan informasi SMA Unggulan, Vaporit dan Terbaik di Palembang, dan mohon koreksi serta mohon maaf apabila data-data ini masih kurang sempurna atau terdapat kesalahan.

5 SMA Negeri Unggulan di Palembang : 

1. SMAN 1 Palembang ( Smansa )
Alamat : Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar, Ilir Barat I,Palembang 351127

2. SMAN 3 Palembang ( Smanta)
Alamat : Jl. Jend. Sudirman Km 3,5, Kemuning, Palembang 354910

3. SMAN 5 Palembang
Alamat : Jl. Gotong Royong, Sei Buah, Ilir Timur II, Palembang 713259

4. SMAN 6 Palembang
Alamat : Jl. Sersan Sani, Basuki Rahmat,Kemuning, Palembang 811824

5. SMAN 17 Palembang
Alamat : Jl. Zurbi Bustan, Sukarami, Palembang 412651

7 SMA Vaporit di Palembang :

1. SMA Xaverius 1 Palembang
Alamat : Jl. Bangau No. 60/1258 Ilir Timur II. Palembang 358005

2. SMAN 1 Palembang ( Smansa )
Alamat : Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar, Ilir Barat I,Palembang 351127

3. SMAN 3 Palembang ( Smanta)
Alamat : Jl. Jend. Sudirman Km 3,5, Kemuning, Palembang 354910

4. SMAN 5 Palembang
Alamat : Jl. Gotong Royong, Sei Buah, Ilir Timur II, Palembang 713259

5. SMAN 6 Palembang
Alamat : Jl. Sersan Sani, Basuki Rahmat,Kemuning, Palembang 811824

6. SMAN 17 Palembang
Alamat : Jl. Zurbi Bustan, Sukarami, Palembang 412651

7. SMA Kusuma Bangsa

Alamat : Jln. Residen H Abdul Rozak, Kalidoni Palembang 719709

SMA RSBI ( Rintisan Sekola Bertaraf Internasional ) di Palembang

1 SMA Negeri 2 Sekayu, Musi Banyuasin
2 SMA Kusuma Bangsa Palembang
3 SMA Xaverius 1 Palembang
4 SMA Negeri 17 Palembang
5 SMA Negeri 1 Kayu Agung, Ogan Komering Ilir
6 SMA Negeri 4 Lahat
7 SMA Negeri 3 Unggulan Kayu Agung, Ogan Komering Ilir
8 SMA Negeri 2 Prabumulih
9 SMA Xaverius Lubuklinggau
10 Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang
11 SMA Negeri Sumatera Selatan ( Sampoerna Academy )  Palembang
12 SMA Negeri 12 Palembang

SMA Terbaik di Palembang
SMA Xaverius 1 Palembang merupakan SMA Terbaik di Palembang. Saya memilih SMA Xaverius 1 atau lebih dikenal dengan SMA Bangau ( karena berlokasi di Jl.Bangau) disebabkan dari mulai ia berdiri, selalu mengeluarkan prestasi akademik dan memiliki sejumlah penghargaan juara olimpiade saint, baik ditingkat nasional juga internasional. SMA Xaverius 1 yang didirikan 15 Juli 1995 oleh Frater Monfor, BHK, adalah SMA katholik yang berkomitment tinggi mendidik para siswanya untuk  berprestasi dan Disiplin.

Sekilas tentang sekolah ber-label Xaverius
Bagi warga Palembang, nama sekolah ber- label Xaverius mulai dari TK,SD,SMP dan SMA, telah dikenal lama sebagai sekolah yang berprestasi. Kurikulum mata pelajaran yang diajarkan hampir sama dengan sekolah negeri dan swasta lainnya, hanya saja Xaverius lebih fokus mendidik siswanya untuk disiplin dalam ilmu, proses belajar mengajar, dan memanfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya. Jadi jangan harap melihat ruang kelas siswa-siswinya selalu kosong meskipun pada jam istirahat.

Para siswa dibiasakan berpacu atau berlomba berprestasi mengejar nilai akademik tertinggi, dimana para tenaga pendidiknya selalu memberikan latihan dan ulangan setelah guru mengajar, ditambah lagi sejumlah PR siap menunggu setiap hari. Jika ada siswa tidak mengerjakan PR sebanyak 3x, maka orang tua murid langsung dipanggil menghadap wali kelas. Biasanya setelah pulang sekolah, wali kelas telah menyediakan les tambahan untuk para muridnya. Bahkan 10 menit sebelum jam 07.00 pagi, bagi siswa yang terlambat datang, siap-siap saja melihat pintu gerbang sekolah sudah tertutup rapat. Tidak ada kegaduhan seperti pasar yang sering ditemukan disekolah swasta dan negeri, meskipun wali kelas atau guru tiap mata pelajaran berhalangan hadir, telah disiapkan guru cadangan dengan tetap mengisi mata pelajaran yang sama.

Sekolah Xaverius hampir mirip dengan sekolah katholik lainnya yang berada diluar Palembang, seperti sekolah Penabur di Jakarta. Biasanya sejumlah perusahaan besar sudah siap menampung lulusan SMA Xaverius sebab lebih siap pakai dalam dunia kerja. Semoga saja hal ini dapat menggugah hati sekolah negeri dan swasta lainnya untuk berprestasi, dan diharapkan para tenaga pengajar dan pendidik untuk meningkatkan kualitas ilmu, lalu memberikan yang terbaik dalam proses belajar mengajar. Bagi pemerintah, sebaiknya lebih peduli terhadap mutu / kualitas calon seorang guru sebelum menjadi PNS, juga lebih mengutamakan mengangkat guru honorer lama sebagai PNS daripada membuka peluang calon PNS dengan minim pengalaman dan kualitas.

2 komentar untuk "Daftar Nama SMA Unggulan, Vaporit, RSBI dan Terbaik di Palembang"