*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Rawat Calathea Jenis Bunga Berdaun Lebar

Calathea Orbifolia Bunga Berdaun Lebar
Banyak nama jenis bunga kurang akrab di telinga kita, mungkin karena namanya dari bahasa asing jadi mengeja namanya juga sulit. Tapi bila melihat bunganya langsung, kadang tahu tapi tidak tahu namanya. Salah satunya nama bunga calathea, sebutan nama bunga ini mungkin berbeda tiap daerah. 

Ini salah satu jenis bunga yang saya suka, berdaun lebar enak dipandang dan tetap manis di letakan di dalam dan luar rumah . Tanaman calathea populer sebagai tanaman indoor karena relatif mudah dirawat. Mereka dapat ditanam di berbagai pekebunan dan lokasi. 

Lalu bagaimana cara merawat bunga ini?Ikuti tips berikut yang saya kutip dari webs ambisius dot com

Cahaya tidak langsung 
- Tanaman Calathea tidak membutuhkan sinar matahari langsung untuk tumbuh. Ini karena mereka biasanya tumbuh di hutan di mana mereka mendapatkan cahaya terbatas melalui puncak pohon. Bila ditanam atau ditempatkan mendapatkan sinar matahari langsung, jusru akan membakar daun tanaman Calathea dan menyebabkannya kehilangan warna cerahnya.

Jangan Banyak di Siram 
- Gunakan air suling atau air yang telah dimurnikan dengan cara tertentu untuk menyirami tanaman Calathea. Calathea suka memiliki tanah basah atau zat tanam, tetapi tidak lembek. Mereka tidak ingin banyak air, karena dapat menenggelamkan mereka. Saat Anda menyirami tanaman Calathea, jangan terlalu banyak menyiram tanaman tersebut apalagi sampai digenangi air 

Suhu 
- Tanaman Calathea tidak terlalu menyukai dingin. Mereka berasal dari daerah tropis di dunia dan lebih suka suhu antara 65-80 derajat. Suhu di atas dan di bawah itu dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman, yang pertama terlihat adalah daunnya jadi keriting

Kelembaban 
- Calathea, sekali lagi karena tempat mereka tumbuh secara alami, cenderung lebih menyukai daerah yang lembab. Mereka dapat menyerap kelembaban melalui udara melalui lebar, hijau, daun yang umum untuk tanaman.

Pupuk 
- Calathea tidak perlu banyak pemupukan, tetapi mereka akan berbunga dan cocok dengan pupuk tanaman standar selama musim semi, musim panas dan musim gugur. Mereka  membutuhkan pemupukan selama periode pertumbuhan dan berbunga.

Berapa lama  Calathea untuk mencapai pertumbuhan penuh?
Pertumbuhan Calathea tergantung pada jenis tanamannya karena tanaman ini memiliki banyak jenis dan nama.. Seperti kebanyakan tanaman rendah cahaya, Calathea cenderung tumbuh cukup lambat.  Bahkan, tanaman Calathea biasanya hanya akan tumbuh setinggi sekitar 2 kaki dan kemudian berhenti. Setelah itu, satu-satunya pemangkasan yang perlu dilakukan adalah pada daun yang menguning dan kcokletan

Adapun bunga, Calathea memang sering mekar di alam liar, tetapi mereka cenderung tidak mekar banyak di dalam ruangan. Ada beberapa pengecualian, seperti spesies C. crocata dari Calathea, yang dapat menghasilkan bunga berwarna oranye yang indah. Sebagian besar spesies tanaman Calathea lainnya hanya memiliki daun hijau cerah dan berwarna-warni dengan warna lain (seperti ungu) di bagian bawah daunnya.

Posting Komentar untuk "Tips Rawat Calathea Jenis Bunga Berdaun Lebar"