*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Pahala Dobel di Bulan Puasa

Mau pahala dobel di bulan Puasa. Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan 



Segala puji syukur kehadirat Allah SWT. Shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya. 

Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa yang penuh dengan keberkahan dan ampunan. Di bulan ini banyak sekali keutamaan khusus yang bisa didapatkan dari setiap amal baik yang kita lakukan, sekecil apapun amalan itu akan mendapat pahala yang dilipatgandakan. 

Salah satu amal baik yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang di bulan ramadhan ini adalah bersedekah.  Ada beberapa keutamaan sedekah atau memberi makanan buka puasa di bulan ramadhan antara lain: 

1. Allah memberikan ganjaran berupa pahala yang berlipat ganda bagi yang melakukannya.

Islam menganjurkan umatnya untuk berbagi makanan atau minuman. Hal ini merupakan salah satu bentuk kebaikan terhadap orang-orang yang berpuasa. 

Hal ini seperti yang dikatakan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya, yaitu: 
"Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun. 
(HR. Tirmidzi No. 80).

2. Memberi makan bagi orang yang sedang berpuasa merupakan jalan menuju surga. 

Dari Ali radhiyallahu'anhu, ia berkata bahw Nabi SAW bersabda: 
" Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam, dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya. 

Kamar-kamar tersebut diperuntukkan bagi orang yang berkata benar, orang yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan sholat pada malam hari pada waktu manusia tidur. 
(HR. Tirmidzi No. 1984).

Hal tersebut menjelaskan bahwa keutamaan memberikan makanan buka puasa bagi orang yang sedang berpuasa maka dijamin surga balasannya. 

3. Menghantarkan pada ridho Allah. 

Puasa, sholat dam sedekah mampu menghantarkan orang yang mengamalkanny pada ridho Allah. 
 ( baca juga : Setan dibelenggu selama puasa )

4. Mendapatkan buah-buahan dan minuman yang nikmat di Surga.

Muslim mana yang memberi makan orang islam yang kelaparan, niacaya Allah akan memberikan makanan dari buah-buahan di surga. 

5. Memberi makanan berbuka dapat menambah keberkahan harta

Keutamaan memberikan makanan buka puasa merupakan salah satu bentuk sedekah. Allah memberikan keberkahan harta tanpa diduga. Hal ini sebagaimnana terdapat di dalam hadis yang memiliki arti " Sedekah tidaklah mengurangi harta. 
(HR. Muslim No. 2588)

Semoga kita semua menjadi bagian dari orang-orng yang Allah mampukan untuk melakukan kebaikan sedekah tersebut kepada orang lain, apalagi saat bulan suci ramdhan".

( baca juga : Manfaat Sedekah )

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

#insantama

Posting Komentar untuk "Mau Pahala Dobel di Bulan Puasa"