*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah Nama Ketupat Dan Hikmah Lebaran Ketupat

Indonesia menamai perayaan Idul Fitri dan Idul Adha dengan sebutan Lebaran. Dan ternyata istilah lebaran ini dimulai dari Sunan Kali Jaga. Lebaran secara istilah umum adalah 'idul fitri bermakna hari kemenangan yaitu kemenangan dalam pertarungan melawan hawa nafsu (berpuasa) selama sebulan penuh selama bulan Ramadhan

Dan perayaan lebaran ini identik dengan menu Ketupat. Istilah ketupat dari Kupat yang terdiri dari kalimat : ngaKU lePAT (mengaku salah) & laKU paPAT (empat laku). (Kanjeng Sunan Kalijogo)

Ketupat yang diambil dari kata benda Kupat yang bermakna 'ngaku lepat' (mengaku bersalah) yang kelegaannya dengan minta maaf, & sungkeman (membungkukkan badan pada orang yang dimintai maaf) adalah sebagai wujud permohonan maaf dengan segala kerendahan hati, sehingga bisa juga memaafkan orang lain karena kesadaran bahwa tidak ada orang yang tidak punya salah.

KUPAT 'laku papat' (empat laku/perbuatan) yaitu laku lebaran, luberan, leburan & laburan. Lebaran dalam bahasa jawa berarti ”selesai”, sebagai tanda berakhirnya peperangan melawan nafsu selama bulan Romadhan, & terbukanya pintu ampunan sebagai hadiah setelah sebulan berjuang.

Luberan artinya melimpah, sebagai simbol ajaran untuk saling melimpahkan rezeki, baik yang wajib maupun sunnah: zakat, sedekah kepada sanak saudara, teman, tetangga dengan cara saling mengirim atau bertukar makanan, dsb yang secara umum adalah bentuk kepedulian sosial.

Leburan berarti melebur, yaitu meleburkan dosa & kesalahan diri sendiri & orang lain dengan saling memaafkan, agar ”energi negatif" berupa dendam, benci, & amarah,,, diubah menjadi ”energi positif” (kasih sayang, saling berbuat baik, & seterusnya).

Laburan yaitu tradisi ”melabur” rumah (memperbarui cat rumah) dengan kapur/cat putih jelang lebaran, sebagai pengajaran pentingnya memutihkan hati  & menjaganya agar tetap putih  (bersih)

Itulah makna lebaran menurut Kanjeng Sunan Kali Jogo yang kemudian menjadi tradisi "lebaran ketupat" yang biasanya dilakukan pada hari kesepuluh sebagai simbol kemenangan berpuasa diawal bulan Syawal

Allahu a'lam bish-showab

Posting Komentar untuk "Istilah Nama Ketupat Dan Hikmah Lebaran Ketupat"