*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Al-Quran Obat Dari Segala Obat, Ini Manfaat Rajin Baca Quran

Sebaik-baiknya buku adalah Al-quran yang didalamnya sarat dengan ilmu pengetahuan termasuk moral, berperilaku baik juga menenangkan jiwa. Dari dahulu, Al-quran sudah dipercaya menjadi obat dari segala obat, baik untuk obat fisik juga mental atau psikologis. Sebagai petunjuk dan nasehat bagi umat Islam, bagi orang-orang yang bertaqwa, waktu yang digunakan dalam membacanya tidak akan mengurangi waktu kita didunia, justru sebaliknya akan menambah waktumu.

Membaca Al-quran Tidak akan Mengurangi Waktu
Secara hitungan matematika dunia, membaca Al-Qur`an tampak seakan-akan mengurangi waktu. Dari total 24 jam dalam sehari, seolah-olah berkurang sekian detik, sekian menit atau sekian jam jika digunakan untuk membaca Al-Qur'an. Tapi, tahukah kamu bahwa waktu yang kamu gunakan untuk membaca Al-Qur'an itu sebenarnya tidak hilang begitu saja. Ia akan diganti oleh Allah dengan keberkahan yang berlipat ganda.


Keberkahan artinya pertambahan dan pertumbuhan. Wujudnya bisa bermacam-macam. Misalnya, pekerjaanmu beres, produktivitasmu meningkat, keuntunganmu bertambah, kesehatanmu terjaga dan seterusnya. Itu adalah wujud keberkahan yang akan diperoleh oleh orang yang membaca Al-Qur'an.
Masih banyak lagi keberkahan yang bakal kita terima dengan rutin membaca Al-quran, berikut diantaranya

1. Membaca Al-quran Mendapatkan pahala dan kebaikan
" Barang siapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah maka seseorang akan mendapatkan kebaikan satu kali. tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kalinya.”

2. Membaca Al-quran Membuat seseorang lebih bercahaya dan berwibawa
Seperti hadits yang menyatakan:
“Orang orang yang hebat dalam membaca alquran akan selalu ditemani para malaikat pencatat yang paling dimuliakan da taat pada Allah SWT  dan orang orang yang terbata bata membaca Alquran lalu bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala,” (HR. Bukhari)”

3. Membaca Alquran Memperoleh rahmat dan lindungan oleh malaikat
Seperti hadits yang menyatakan :
” Ketika para kaum muslim berkumpul dimasjid masjid allah dan mereka membaca Alquran dan memnpelajarinya, maka akan datang kepada mereka ketentraman , rahmat allah dan dilindungi malaikat malaikat dan allah menyebut mereka dihadapan makhluk yang ada didekatnya.”

4. Membaca Alquran Memberikan  syafaat 
 Seperti hadits yang menyatakan bahwa :

“Bacalah bait Alquran karena sesuyngguhnya pada hari kiamat nanti akan datng memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya.” (HR. Muslim)”

5. Membaca Alquran Membuat seseorang menjadi berprilaku mulia

6. Membaca Alquran membuat hati lebih tenang dan tentram
Sesuai dengan firman Allah ta’ala yang dinyatakan jelas dalam surat Ara-ra’d pada ayat 28 :
“Orang orang yang beriman akan memiliki hati yanag tenang dan tenteram jika selalau ingta denagn Allah SWT, maka ingatlah karena hanya dengan mengingatnya Allahlah, hatimu menjadi tenteram.”

7. Rajin membaca Alquran mendapatkan keselamatan duniat dan akhirat
Baginda Rasullulah bersabda bahwa :
“Ibadah yang paling berkah dan istimewa adalah membaca dan mempelajari alquran serta mengamalkannnya dalam kehidupan sehari hari bahkan pada tiap satu ayatnya yang telah dibaca mengandung 10 kebaikan dan ajaran kebenaran didalamnya. “

8. Membaca Alquran akan menyembuhkan penyakit pada tubuh
Seperti  2 hadits yang menyatakan bahwa :
” Hendaknya kamu menggunakan jenis obat obatan seperti madu dan membaca alquran (HR. Ma’ud)

“Dan makanlah oleh kamu bermacam macam buah serta tempuhlah jalan jalan yang telah ditetapkan  pada tubuhmu dengan lancar .Ada madu yang bermacam macam jenisnya dijadikan sebagai obat untuk manusia. Di alam semesta terdapat banyak tanda tanda kekuasaan Allah bagi orang orang yang memikirkan  hal itu.” (QS.An-naah 16 : 69)

9. Membaca Alquran akan menyembuhkan penyakit hati
Seperti hadits yang menyatkan bahwa :
“Sesungguhnya hati ini dapat berkarat sebagaimana besi yang menjadi berkarat karena tersentuh air.” Lalu bagaimana agar hati ini tidak berkarat? tanya para sahabat, maka Rasullulah SAW mengatakan ” Percayalah ..dengan membaca Alquran.” Jawabnya.

10. Anak yang sering membaca Al-quran akan memberikan mahkota kepada orang tuanya
Seperti Rasullulah pernah bersabda :

“Barang siapa ynag membaca Alquran dan mengamalkannya semata mata karena Allah SWT maka Allah akan memberikan mahkota dikepala kedua orangtuanya dan kenikmatan pada hari kiamat dan akana terlihat lebiuh terang daripada sinar matahari sehingga kamu tidak akan menduganya bahwa ganjaran  itu dikarenakan amalan amalan sipembaca Alquran itu.” (HR. Abu daud.)

11. Allah tidak akan menyesatkan yang membaca Al-quran
12. Membaca Al-quran, Allah keluarkan kita dari kegelapan
13. Membaca Al-quran  akan menerangi kubur
14. Membaca Al-quran mendaptkan keberkahan umur

Dahulu para ulama bisa menulis karya-karya agung yang jumlahnya melebihi bilangan umur mereka? Padahal saat itu belum ada mesin ketik, apalagi komputer. Semuanya ditulis manual dengan tangan dan peralatan yang sangat sederhana, ditambah kondisi yang lebih sulit daripada kondisi sekarang.
Mengapa mereka bisa? Jawabnya karena waktu mereka penuh berkah.
Ibrahim bin Abdul Wahid Al Maqdisi berwasiat kepada Al Dhiya Al Maqdisi sebelum yang terakhir pergi menuntut ilmu:

"Perbanyaklah membaca Al-Qur'an. Jangan kamu tinggalkan. Karena kemudahan yang akan kamu peroleh dalam pencarianmu akan berbanding lurus dengan kadar yang kamu baca."

Al Dhiya mengatakan, "Lalu aku renungi hal itu dan aku praktekkan berkali-kali. Setiap kali aku membaca banyak, semakin mudah aku menghafal hadits dan menulisnya. Jika aku tidak membaca, tidak mudah aku melakukannya."

Jadi jangan sia-siakan waktu, jelaslah bahwa membaca Al-Qur'an tidak akan merugikan hidup, waktu tidak terbuang sia-sia, justru akan membawa keberkahan sehingga waktu yang kita miliki bisa lebih bermakna dengannya.

Posting Komentar untuk "Al-Quran Obat Dari Segala Obat, Ini Manfaat Rajin Baca Quran"