*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Aman Transaksi di Tokopedia

Cara atasi Kendala Transaksi di Tokopedia

Tokopedia salah satu media efektif buat transaksi jual beli online. Pembeli dan penjual bisa bertransaksi aman
selama mengikuti dan mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.Saya sendiri sebagai pengguna tokopedia tidak mengalami kendala apapun termasuk masalah dana yang sering di keluhkan pembeli dan penjual

Ragam kendala transaksi di Tokopedia
1. Barang tidak sesuai pesanan
Pembeli sering menyalahkan tokopedia karena mereka membeli barang tidak sesuai pesanan. Yang perlu di ingat bahwa, untuk pengaduan komplain barang , silahkan hubungi penjual sebab tokopedia hanya sebagai media bukan penjual. 

2  Pembayaran tidak di konfirmasi
Masalah ini sering terjadi di sebabkan pada saat pembeli memilih metode cara pembayaran ( kredit card, tunai, transfer, internet banking dsb ).

Misalnya :
- Pembeli memilih metode bayar via internet banking tapi malah melakukan transfer manual. 

- Pembeli salah transfer no rek cabang tokopedia. Misal, pada saat check out, tokopedia sudah mengarahkan untuk transfer ke salah satu rekening. Misal di minta transfer rek tokopedia cab.Kedoya malah transfer ke rek tokopedia cab laen. Karena tidak teliti saat check out pembayaran mengalami kendala dan tidak d teruskan ke penjual

3  Dana kembali
Untuk transaksi yang sudah di batalkan oleh penjual biasanya dana langsung masuk kembali ke akun pembeli dan dana penjual yang sudah sukses transaksi atau paket sudah sampai ke pembeli, usahakan untuk menarik langsung dana tersebut ke rekening yang penjual

Jika dana mengalami kendala, ajukan kompalin ke pusat bantuan. Atau hubungi tokopedia di facebook via inbox dengan memberikan no Invoice 

4  Komplain Pembeli
Pengaduan komplain harus di ajukan 1x24 jam setelah paket di terima.
Mohon maaf, ada-ada saja tingkah pembeli dalan ajukan komplain. Mulai dari paket rejct, tidak sesuai pesanan, dsb  Untuk hadapi ini ada pusat solusi yang di sediakan tokopedia untuk pembeli dan penjual. Bila penjual keberatan atas komplain pembeli bisa ajukan banding pada fitur yang di sediakan

Perlu di ingat bahwa, untuk paket reject silahkan foto barang yang di beli dan ajukan pada penjual. Ada beberapa rejec yang tidak bisa di komplain, misal barang penyok dan bungkusan rusak.Hal Ini terjadi karena selama proses pengiriman.Barang terinjak, terseret oleh paket lain  hingga Expedisi yang harus bertanggung jawab untuk masalah ini

Cara Aman Beli di Tokopedia

Pembeli baiknya melakukan tanya jawab ke penjual tentang ketersediaan stok barang. Lalu lihat lebih detail tentang keterangan barang yang akan di beli. Jangan melihat gambar tapi cek keterangan barang.  Jika sudah sesuai dengan keinginan baru lakukan orderan transaksi

Untuk pembayaran, cek lebih dahulu metode pembayaran apa yang akan di gunakan, termasuk ke nomor rekening tokopedia  cabang mana dana harus di transfer. Gunanya untuk menghindari kegagalan konfirmasi pembayaran
Jika sudah lakukan pembayaran dengan mengikuti petunjuk tokopedia, maka orderan akan di teruskan ke penjual. Selanjutnya penjual akan memproses barang. Jika status barang masih on proses dan belum ada resi konfirmasi dari penjual, harus sabar mengunggu. Sebab tidak semua toko penjual akan langsung konfirmasi no resi alias bukan berarti paket belum di kirim

Semoga artikel ini bisa membantu cara aman beli di tokopedia. Happy shopping 

Posting Komentar untuk "Cara Aman Transaksi di Tokopedia"