*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puasa Syawal Dapat Pahala Puasa Satu Tahun, Begini Rinciannya

Bagi kaum muslim setelah melaksanakan ibadah puasa ramadan selalu di iringi dengan puasa sunnah syawal selama 6 hari dengan pelaksanaannya bisa di lakukan setelah idul fitri hari kedua. 

Puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal sudah banyak dikerjakan oleh banyak kaum Muslimin saat ini. Namun, muncul pertanyaan, bagaimana bisa puasa 6 hari di bulan Syawal setelah berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan memiliki keutamaan berpuasa setahun penuh?

Begini penjelasannya menurut ustadz Khalid Basalamah dalam kajian video youtubenya https://youtu.be/6vjLDi39q1Y

Hal ini tentu saja terdapat penjelasannya. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,
مَن جَآءَ بِٱلْحَسَنَةِ فَلَهُۥ عَشْرُ أَمْثَالِهَا

“Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya…” (Q.S. al-An’am (6): 160).

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan bahwa orang yang melakukan satu kebaikan akan mendapatkan sepuluh kebaikan yang semisal. Puasa Ramadhan selama sebulan berarti akan semisal dengan puasa 10 bulan. Puasa Syawal adalah enam hari berarti akan semisal dengan 60 hari yang sama dengan 2 bulan. Oleh karena itu, seseorang yang berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal akan mendapatkan puasa seperti setahun penuh. (Lihat Syarh An Nawawi ‘ala Muslim, 8/56 dan Syarh Riyadhus Sholihin, 3/465).
Allahu Ta’ala a’lam bishawab

Dari Abu Mas’ud Radhiyallahu anhu berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” [HR.MUSLIM]

Semoga Allah mudahkan kita untuk menyempurnakan puasa kita dengan melaksanakan puasa sunnah syawal

Posting Komentar untuk "Puasa Syawal Dapat Pahala Puasa Satu Tahun, Begini Rinciannya"