*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Aneka Air Terjun Kalimantan Selatan

Alam menjadi salah satu guru terbaik. Dari alam kita belajar banyak, terutama bahwa tidak semua hal baik harus membutuhkan uang. Dan alam memiliki kemampuan tidak hanya menyembuhkan diri setelah badai, tetapi semua makhluk hidup di sekitar dan di dalamnya. Back to Nature

Beberapa pesona aneka air terjun di Kalimantan Selatan semoga menjadi daya tarik tersendiri bagi semangat berpetualang dan semoga alam terus menjadi sumber inspirasi tak berujung


Air terjun Sidandu
Air terjun Sidandu berlokasi di Desa Puyun Kec. Halong Kab. Balangan Kalimantan Selatan. Untuk menuju perjalanan ke air terjun ini melalui perjalanan darat dari Paringin Ibukota kabupaten Balangan menuju desa Galumbang(kec.Juai) setelah persimpangan ambil kiri dan selanjutnya menuju desa gunung riyut ada persimpangan ambil kanan dan selanjutnya menuju desa puyun(kec.Halong).

Setelah sampai di desa puyun kita akan melewati jalan berupa jalan semen yg merupakan jalan masyarakat untuk ke kebun setelah sampai parkiran kita lanjutkan kembali berjalankaki menuju air terjun sidandu dengan waktu tempuh ±1jam perjalanan melewati aliran sungai setelah sampai di muara sungai ambil ke kanan yang mana menuju ke air terjun sidandu, terus berjalan ±15 menit kita akan sampai di tujuan.

Air Terjun Tayak
Air terjun Tayak terletak di Kampung Hampang, Desa Uren, Kec. Halong, Kab. Balangan. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 6 meter dengan beberapa tingkat, tingkat yang paling bawah adalah yang tertinggi. Air terjun Tayak memiliki bebatuan yang tidak rata membentuk seperti tangga, sehingga menjadi mudah untuk di daki hingga ke tingkat yang paling atas, menikmati keindahan air terjun tayak sangatlah menyenangkan dan menyegarkan.

Air Terjun Mandin Mangapan
Mandin mangapan berketinggian ±30 meter, berada di pedalaman kalimantan selatan tepatnya di Gunung Ambilatau desa Paramasan Atas Kecamatan Paramasan Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Rute menuju ke air terjun ini start dari simpang 3 desa Lumpangi kec. Loksado, ke kiri ke loksadonya dan kita ambil kekanan arah Batulicin di perjalanan kita akan melalui pegunungan dan melewati Kecamatan Piani yang termasuk di Kabupaten Tapin, dan setelah itu langsung ke Kecamatan Paramasan yang termasuk Kabupaten Banjar, dan sesampai di simpang 3 desa Paramasan Bawah kita ambil kiri menuju desa Paramasan atas kalau ke kanan ke Batulicin, menuju ke desa Paramasan atas sekarang tahap pengerasan jalan dan pemasangan listrik sehingga kita bisa menggunakan kendaraan apa saja tanpa harus dengan trail.


Sesampai di desa Paramasan atas kita menitip kendaraan di rumah Pambakal Paramasan atas, dan selanjutnya kita melakukan perjalanan dengan jalan kaki dikarenakan dari Paramasan atas sampai dengan air terjunnya jalan masih belum dikeraskan sehingga kita diharuskan berjalan kaki, setelah ±1 jam 30 menit kita berjalan dengan rute jalur utama melewati beberapa perkampungan dan tibalah kita di air Terjun Madin Mangapan.

Air Terjun Mambanin
Terjun Mambanin atau Riam Mambanin ini terletak di desa Marindi, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Jarak tempuh dari Tanjung (ibu kota kabupaten Tabalong) yaitu kurang lebih 35 km dan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Sedangkan dari desa Marindi menuju lokasi objek wisata bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 10 menit.

Air Terjun yang memiliki tinggi sekitar 5 meter memiliki panorama alam yang sangat indah dengan pepohonan yang ada di sekitar air terjun, sangat cocok bagi anda yang suka berwisata alam terbuka. Daya tarik utama di Tempat ini adalah air terjun dan batu-batu besar yang membentuk riam-riam kecil yang di aliri air dari pegunungan, tentunya airnya sangat jernih dan bersih.

Air Terjun Haratai
Air Terjun Haratai terletak di Desa Haratai memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan mempunyai tiga tingkatan. Debit airnya cukup besar dan arus deras sehingga sulit sekali berenang di sekitar air terjun. Di bawah air terjunnya, terdapat telaga yang dapat digunakan untuk mandi atau sekadar berendam. Untuk mandi, pengelola wisata menyediakan ban untuk pengunjung. Bagi anda yang tidak ingin berendam di jernihnya Air Terjun Haratai, anda bisa berfoto dengan latar belakang air terjun.

Disini juga sudah di sediakan beberapa fasilitas seperti gazebo besar, WC, jembatan dan tangga khusus. Dari perkampungan warga, Air Terjun Haratai hanya berjarak 1 kilometer. Namun, dari pusat kecamatan jaraknya 9 kilometer. Adapun dari Kandangan jaraknya sekitar 50 kilometer dan dari Banjarmasin sejauh 185 kilometer.

Air Terjun Tangkum Panaan
Desa Panaan adalah desa yang berada di dalam hutan Kalimantan, terletak di Kecamatan Bintang Ara Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan yang mempunyai air terjun yang sangat mempesona, untuk menuju desa Panaan bisa melewati 2 jalur, dari Burum kec. Bintang Ara, Kab. Tabalong (kalsel) Dan dari Bentot kec. Patangkep Tutui, kab. Barito Timur (kalteng), Perjalanan yang membutuhkan waktu tempuh sekitar 46 KM dari pusat Kota Tanjung atau -+100 menit, perjalanan yang akan melewati perbatasan 2 provinsi yang ada di Kalimantan.

Sesampainya di desa Panaan selanjutnya ke Air Terjun Tangkum, tempat masuk wisata adalah di samping mesjid panaan. Anda bisa parkir kendaraan anda di halaman mesjid tersebut. Masuk ke dalam sekitar 1 km, dengan jalan setapak yang di kelilingi kebun karet dan hutan bambu.

Sesampainya di air terjun Tangkum 1. Anda akan di suguhkan oleh panorama alam hutan rimba asli Kalimantan. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter, Selanjutnya melewati bebatuan, Kebun, dan mengikuti aliran sungai sekitar 45 menit kita akan melihat air terjun Tangkum 2 dan selanjutnya 8 menit menuju ke Air terjun Tangkum 3. Bagi yang ingin Berkunjung ke air terjun Tangkum ini bisa melapor dengan Masyarakat setempat terlebih dulu.

Air Terjun Rempah Menjangan
Rampah Menjangan adalah salah satu air terjun yang terletak di dusun Loa Panggang, desa Loklahung, Kec. Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Untuk mencapai lokasi air terjun (rampah) Menjagan di butuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Desa Loksado, perjalanan dilanjutkan ke Desa Loklahung kemudian ke kampung Loapanggang yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda 2.

Dari kampung Loapanggang dilanjutkan berjalan kaki, 1 jam pertama medan tidak begitu sulit, ketika mencapai 2 jam berikutnya, medan terasa menantang dengan mengarungi sisi air terjun kecil dibawahnya dan melalui medan dengan kemiringan 45 derajat, perjalanan dilanjutkan dengan mendaki anakan bukit dan berjalan di sepanjang punggung bukit. 

Medan terasa berat ketika hendak mencapai air terjun (rampah) Menjangan, diperlukan kekuatan fisik dan ketahanan tubuh dalam melalui medan ini,, setelah melalui perjalanan yang menguras tenaga dan fisik, tibalah di tempat tujuan, rasa lelah itu hilang seketika setelah melihat betapa indahnya suasana air terjun yang masih asri dikelilingi lebatnya hutan pegunungan Meratus.

Sumber : IG Datubalambika

Posting Komentar untuk "Pesona Aneka Air Terjun Kalimantan Selatan"