*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kesehatan Akar Bahar Antara Mitos dan Mistis

Melihat warna gelang dan tasbih ini tentu anda akan berpikir bahwa material yang digunakan sudah mengalamin proses bahan kimia. Tapi tunggu dulu, ini benar-benar real tanpa pewarna. Inilah Akar Bahar atau Akar Laut. Akar laut (Bahar dalam bahasa Arab) memiliki 5 warna beragam di Nusantara, di antaranya adalah Hitam, Putih, Hijau, Merah, Emas. Ini bukan pewarna/cat, ini warna asli serat Akar Bahar yang ditempa melalui proses pengapian & ketrampilan seorang pengrajin


Akar bahar / Tali 'Arus / Kamangsilang

Akar bahar, termasuk dalam jenis hewan laut keluarga Anthoza yaitu, hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Hewan yang memiliki perawakan persis dengan tumbuhan ini sengat bertolak belakang dengan arti namanya yang berasal dari paduan kata “akar” (bahasa Indonesia) dan kata “bahar” (bahasa Arab) yang artinya laut. Sehingga, secara harfiah “akar bahar” berarti akar dari laut.

Anthozoa merupakan salah satu hewan yang hidup di dasar laut. Sebagai family dari Anthozoa, akar bahar dalam nama latin disebut dengan nama “Euplexaura sp” dan termasuk dalam klasifikasi Octocorallia. Akar bahar juga banyak tumbuh berkembang di kawasan laut Afrika Timur hingga sampai ke laut Indonesia dan Pasifik.

Jenis Akar Bahar
Akar Bahar atau Varian hewan Anthozoa ini memiliki banyak jenisnya sehingga, masyarakat mengenal dengan berbagai istilah akar bahar sesuai dengan bentuk fisiknya, antara lain: akar bahar berjaga (bercagak), akar bahar tali arus (gelomang lautan), akar bahar kipas, akar bahar cemara, akar bahar ular, akar bahar ratu, akar bahar jantan, akar bahar bening dan akar bahar betina.

Namun secara umum, masyarakat lebih suka mengelompokkan menjadi 3 jenis akar bahar, yakni akar bahar hitam, akar bahar merah dan akar bahar putih dan dari ketiga jenis ini, akar bahar hitam yang lebih mudah di temukan. Selain digunakan sebagai aksesoris seperti gelang, cincin, dan juga cangklong (pipa untuk merokok) jebis hewan laut ini ternyata kaya akan manfaat lainnya.

Manfaat Akar Bahar Untuk Kesehatan
Belum banyak penelitian dan riset komprehensif terkait manfaat yang bisa dipetik dari penggunaan akar bahar dalam dunia medis. Aneka manfaat akar bahar untuk kesehatan tubuh yang sering dipaparkan berbagai kalangan hanya berdasarkan pengalaman pribadi masing-masing.

Salah satu manfaat yang sering diungkapkan dengan memakai gelang akar bahar adalah menambah vitalitas tubuh yang lebih baik. Selain itu, akar bahar yang berasal dari laut dan mengandung beragam senyawa alami ini, termasuk radium yang memancarkan radioaktif untuk pengaturan ion dan energi yang lebih teratur pada tubuh.

Tubuh yang fit dengan ion yang stabil tentu memberi pengaruh positif terhadap sirkulasi darah serta metabolisme yang bagus, sehingga akar bahar dipercaya mampu mengurangi hipertensi, rematik, asam urat, dan penyakit lainnya yang terkait dengan tekanan darah.

Karena masih sedikit riset dan penelitian yang mengeksplorasi tentang khasiat akar bahar, masyarakat Nusantara masih lebih mengedepankan manfaat dan khasiat dari sisi non-klinis, yakni spiritual.

Ada beragam kepercayaan, cerita mistis, ataupun mitos yang menjadi dasar ketertarikan berbagai kalangan untuk mengaplikasikan akar bahar dalam sepiritual salah satunya adalah cerita tentang Nabi Sulaiman.

Konon, akar bahar merupakan cemeti atau cambuk yang dipakai oleh Nabi Sulaiman untuk mengikat dan membelenggu jin yang dihukum karena berbuat kejahatan. Para jin dan setan tersebut dipenjarakan di dasar laut dan yang menjadi tali pengikatnya adalah akar bahar. Hal inilah yang katanya membuat para jin dan setan merasa fobia (takut) jika melihat akar bahar. Maka tak heran, jika gelang akar bahar dikatakan sebagai media yang ampuh untuk menjauhkan diri dari setan, anti ilmu hitam, anti sihir, santet dan mengusir aura negatif.

CATATAN :
Tidak terjadi segala sesuatu kecuali dengan kuasa, kehendak dan izin Allah Swt.

Posting Komentar untuk "Manfaat Kesehatan Akar Bahar Antara Mitos dan Mistis"