*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada Apa Dengan Surat Al-Waqiah


Surah Al-Waqiah yang terdiri 96 ayat ini diyakini sebagian kaum muslim sebagai ayat mencari rejeki. Surah Al-Waqi'ah adalah surat yang diturunkan setelah Surah Taahaa, terletak pada juz ke 27 setelah surah Ar-rahman dan tergolong surah makkiyah. Surah ini juga bisa ditemukan di buku Majmu' Syarif. Dinamakan dengan Al-Waaqi'ah (Hari Kiamat), diambil dari perkataan Al-Waaqi'ah yang terdapat pada ayat pertama. 
Ada apa dengan Surat Al-Waqiah?
Surat yang bercerita tentang perihal  hari kiamat dan bagaimana nanti pembagian umat di hari tersebut,  makin menjadi primadona karena diyakini mendatangkan rejeki bahkan sering dijadikan amalan wajib dibaca setiap hari. Ada yang melakukannya dengan ritual khusus disertai berpuasa, ada pula yang mewiridkannya setelah Sholat Tahajud, Dhuha dan Sholat Subuh, dan lain sebagainya.

Berikut fadhilah surah Al-waqiah menurut beberapa riwayat.
~ Surat Al-Waqi`ah memiliki beberapa keutamaan dan membawa berkah. Dalam sebuah riwayat, Ubay bin Kaab berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi`ah, ia akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai.”

~ Abdullah bin Mas`ud berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi`ah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya”.

~ Ulama fikih Imam Ja`far Ash-Shadiq meriwayatkan beberapa hadits seperti “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi`ah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia”.

~ Juga dari Imam Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husain bin Ali bin Abu Thalib meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi`ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama”.

Pendapat Ulama Tentang Hadist Fadhilah Surah Al-Waqiah

Menyikapi hadist diatas, banyak para ulama berpendapat, seperti Syeikh Al Bani mengatakan didalam kitab “Silsilatul Ahadits adh Dhaifah” /457 bahwa hadits itu dhoif. Para ulama, seperti Ahmad, Abu Hatim, anaknya, Daruquthni, Baihaqi dan yang lainnya telah bersepakat bahwa hadits tersebut adalah lemah. Begitupula dengan hadits yang diriwayatkan oleh ad Dailamiy dari Anas bahwa Rasulullah saw bersabda,”Surat al Waqi’ah adalah surat kekayaan maka bacalah dan ajarkanlah ia kepada anak-anakmu.” Hadits ini pun dinyatakan lemah oleh Al Banni didalam “Silsilah adh Dhaifah wal Maudhu’ah” (8/337). 

Syeikh Ibn Baaz mengatakan bahwa kami tidak mengetahui adanya jalan yang shahih bagi hadits ini “Barangsiapa yang membaca surat al Waqi’ah setiap malam maka dirinya tidak akan ditimpa kemiskinan.selama-lamanya”. Lebih lanjut beliau berpendapat....Akan tetapi (dibolehkan) membaca Al Qur’an yang dengan bacaannya menginginkan tafaaqquh (pemahaman) didalam agama dan mendapatkan berbagai kebaikan, 

Rasulullah saw bersabda,”Bacalah oleh kalian al Qur’an. Sesungguhnya Al Qur’an akan memberikan syafaat bagi para pemiliknya (orang-orang yang suka membacanya, pen) pada hari kiamat.”. Beliau saw juga bersabda,”Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Qur’an maka baginya satu kebaikan dan setiap kebaikan sama dengan sepuluh kebaikan.” Hendaklah seseorang membaca al Qur’an karena keutamaan membacanya dan untuk mendapatkan berbagai kebaikan bukan untuk mendapatkan dunia.” ( http://www.binbaz.org.sa)

Wallahu A'lam

2 komentar untuk "Ada Apa Dengan Surat Al-Waqiah"