*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Penipuan Via WA

Modus penipuan via WA makin marak terjadi dengan beragam cara. Penipuan via WA ini dinilai ampuh karena kebanyakan pengguna sosial media lebih banyak menggunakan WA 

Para penipu tidak pernah kehilangan cara dalam mencari korban, dan paling banyak terjadi mereka menyebarkan file download yang bila di klik akan memberikan akses pelaku di hp korban untuk mendapatkan semua informasi untuk menguras rekening atau dompet digital melalu aplikasi mobile banking

Harap hati-hati dan amankan keluarga teman tentang beberapa penipuan online via WA yang marak terjadi. Jangan mudah-mudah mengklik chat wa dari nomor tidak di kenal. 

Penipuan via WA Modus Kurir

Penipu mengirimkan lampiran dengan nama file 'LIHAT Foto Paket' kepada korban, tetapi dalam bentuk apk. Korban yang tak jeli mengklik file tersebut dan mengunduhnya. Saldo mobile bankingnya pun ludes.

Penipuan WA dengan Sebar Undangan Nikah

Penipu nomor tidak dikenal mengirimkan file apk atau aplikasi dengan judul 'Surat Undangan Pernikahan Digital' dengan ukuran 6,6 MB. Disusul dengan pesan yang isinya "Kami harap kehadirannya,".

Tak tanggung-tanggung, penipu juga mengajak calon korbannya untuk membuka file apk yang dikirimkan itu, dengan dalih agar korban mengecek apakah isi file tersebut benar ditujukan kepada korban.

Penipuan WA dengan Modus surat tilang

Penipuan online modus kiriman file apk kembali berganti wajah lewat pengiriman surat tilang di WhatsApp, Maret 2023.

Beberapa warganet mengunggah chat dari kontak yang mengaku sebagai kepolisian yang menyatakan penerima pesan sudah melanggar lalu lintas.

Pengirim juga meminta untuk membuka data berjudul 'Surat Tilang-1.0.apk' yang turut diunggah dalam pesan WhatsApp itu. Jangan sekali-kali mengklik/download file dgn ekstensi ".apk" dari orang tak dikenal di hp anda,

Penipuan via WA Catut MyTelkomsel

Penjahat siber beralih modus dengan mengatasanamakan MyTelkomsel, aplikasi milik operator seluler Telkomsel, untuk membuat pelanggan mengklik file apk.

Modusnya calon korban diminta mengakses dan kemudian mengunduh file apk yang dikirimkan via pesan singkat.

Setelah proses instalasi selesai, calon korban akan diminta memberikan izin akses ke beberapa aplikasi termasuk foto, video, SMS, dan akses akun layanan perbankan digital atau fintech.

Jika akses sudah diberikan ke pelaku, maka sangat mungkin bagi pelaku kejahatan memiliki kontrol terhadap gawai korban serta mengetahui seluruh informasi rahasia seperti PIN, password, dan kode OTP.

Penipuan via WA Hoaks PPS Pemilu 2024

Modus apk terbaru adalah menyamarkannya dalam file bernama "PPS PEMILU 2024". Menurut Kominfo, file itu sebenarnya adalah modus penipuan.

file apk PPS PEMILU 2024 tersebut mirip dengan modus penipuan apk undangan pernikahan.

Ketika diklik dan di-install, apk tersebut akan meminta akses SMS. Dari sini, pelaku mendapatkan One Time Password (OTP) hingga username dan password mobile banking korban

Sumber :  https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240121060429-37-507526/penipuan-whatsapp-makin-banyak-ini-modus-terbaru-2024

Posting Komentar untuk "Macam Penipuan Via WA"