*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Predikat Muslim, Mukmin, Mukhsin, Mukhlis, Muttaqin

Dalam Islam, derajat ketaqwaan di bagi menjadi 5, yaitu Muslim, Mukmin, Mukhsin, Mukhlis, Muttaqin. Lalu, pada level manakah diri kita sebagai orang Islam?


1. Muslim
Muslim, akar katanya,Islam/salima artinya damai, selamat, sejahtera. Yaitu orang yang mengaku beragama Islam, telah mengucapkan dua kalimat syahadat dan berjanji melaksanakan syariat Islam dengan baik, mendirikan sholat, melaksanakan ibadah puasa, membayar zakat dan melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu. seperti anak TK, sudah diberi pelajaran masih berbuat tidak baik, belum memahami tujuan hidupnya

2. Mukmin
Mukmin ( orang beriman artinya percaya , Amanah artinya orang dapat diberi kepercayaan ), yaitu orang yang betul-betul beriman kepada Allah dengan segala konsekwensinya. Seorang Muslim bukan sekedar pengakuan saja, tapi harus di sertai dengan amal perbuatan sesuai yang diperintahkan oleh agamanya. 

Dalam QS Al Anfal ayat 2-4 “Sesungguhnya orang Mukmin itu adalah apabila disebut nama Allah bergetar hatinya, apabila dibacakan ayat-ayat Allah bertambah keimanannya, dan mereka bertawakal kepada Allah. Dan mereka mendirikan sholat, serta menafkahkan sebagian rizqi yang Kami anugerahkan kepada mereka. Itulah orang yang sebenar-benarnya beriman, bagi mereka itu akan Kami angkat derajatnya, Kami ampuni dosa-dosanya, dan Kami berikan kepadanya rizqi yang mulia ” .

3. Mukhsin
Mukhsin dari kata , Ikhsan artinya : baik, adalah orang tingkatan Muslim dan Mukmin, artinya orang tersebut tidak beriman saja , tapi sebagaimana Hadits Nabi SAW, yaitu : “Dia beribadah kepada Allah seakan akan melihat-Nya, tapi apabila dia tidak melihat-Nya, sesungguhnya Allah melihat dia.”
Orang yang masuk kategori ini adalah orang-orang yang zuhud dan melaksanakan semua aturan-aturan Allah dan Rasul-Nya dengan penuh keimanan. Semua yang dilakukannya bernilai ibadah kepada Allah Ta’ala, bukan hanya yang wajib dan yang sunnah bahkan setiap geraknya beroleh pahala.

4. Mukhlis
Seorang mukhsin harus ikhlas dalam menjalankan agamanya (mukhlis). Ia mau merelakan jiwanya, hartanya, segala sesuatu yang mereka miliki semata-mata untuk berjuang untuk agama Allah dengan Ikhlas dan hatinya ridha terhadap ketentuan Allah. Seperti orang bershodaqoh dan ibadah wajib lain, tidak pamer / riya, tidak mengharap balasan dan pujian. 

5. Muttaqin
Muttaqin merupakan tingkat keimanan paling tinggi di sisi Allah, dimana manusia telah menjadi insan kamil – orang yang disayang Allah baik dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat. Tidak semua orang mampu meraih derajat yang mulia ini. Hanya hamba-hamba Allah tertentu saja yang bisa mencapai derajat mulia ini.
Sikap ihsan ini harus berusaha kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dia berusaha membuat senang Allah yang selalu melihatnya. Sebaliknya dia malu berbuat kejahatan karena dia selalu yakin Allah melihat perbuatannya. 

Siapapun kita, sehebat apapun profesi kita di dunia, di mata Allah tidak ada yang lebih mulia dari yang lain, kecuali mereka yang telah naik ke tingkat derajat keimanan ihsan dalam seluruh amalannya. Semoga kita semua dapat mewujudkan ihsan dalam diri kita, sebelum Allah mengambil ruh ini dari jasad kita. Makin bertambah umur, makin tinggi pula derajat ketaqwaan kita, bukan sekedar bangsa Muslim terbesar didunia, tetapi menjadi bangsa Muttaqin terakbar di dunia.
( berbagai sumber )

Posting Komentar untuk " Predikat Muslim, Mukmin, Mukhsin, Mukhlis, Muttaqin"