*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Martapura Sebagai Kota Religi Haul Terbesar

Sebuah perhelatan keagamaan  kembali di gelar di martapura yaitu Haul Guru Sekumpul. Haul ini diperingati sebagai tanda cinta penduduk banjar khususnya, terhadap wafatnya tuan guru kharismatik yakni KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani, atau yang lebih dikenal dengan abah sekumpul. 

Kenangan indah tentang beliau membangkitkan semangat keislaman warga kalimantan selatan salah satunya dengan menggelar haul setiap tahunnya. Saya yang bukan asli penduduk banjar namun sudah menetap di banjarbaru, di buat takjub ketika menyaksikan sendiri bagaimana jutaan umat muslim berkumpul bersama mengenang dan mendoakan tuan guru yang mulia. Langit dan bumi Martapura menggema sholawatan dan pengajian

Perhelatan haul  yang belum pernah saya ikuti dan saksikan dikota manapun, kini menjadi moment yang saya tunggu disini, di martapura. 

Hebatnya  menyaksikan peran penduduk Martapura sebagai tuan rumah, sudah jauh-jauh hari telah menyiapkan segala sesuatunya, mulai dari pasang umbul-umbul, bendera,  hingga spanduk-spanduk besar dari para petinggi daerah juga swasta turut serta dalam mengucapkan " Selamat Datang Para Jamaah Haul Guru Sekumpul " 

Dan Bagaimana pula saya tidak dibuat takjub dengan  pelayanan warga banjar disini, mereka berlomba-lomba, bersukarela memberikan layanan gratis berupa konsumsi, makanan minuman kepada para jamaah yang datang. 

Sarana akomodasi tidak berbayar, bahkan rumah, toko, kantor, surau disulap menjadi penginapan bebas biaya sebagai tempat penginapan jamaah luar kota selama pelaksanaan haul . Masya Allah. Pemandangan serba gratis ini dimulai dari anda memasuki daerah kabupaten kota, banjarmasin, banjarbaru hinggap dipusatnya Martapura. 

Padahal Layanan gratis ini tidak ada intruksi dari pemerintah setempat atau dari keluarga besar tuan guru sekumpul. Semuanya bersifat suka rela,  bersedekah, berlomba mengambil berkah dari momen tersebut

Martapura tidak hanya dikenal sebagai salah sstu pusat penghasil batu mulia terbaik didunia ataupun dikenal sebagai Kota Seribu Masjid, tapi juga sebagai tempat wisata religi Haul akbar di Indonesia bahkan mungkin di dunia.  Semoga Allah memberkahi bumi kalimantan selatan dan penduduknya. Aaamiin allahumma aamiin


Posting Komentar untuk "Martapura Sebagai Kota Religi Haul Terbesar"