*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sholawat Tarhim Sebelum Adzan

Mungkin kita sering mendengar sebelum adzan subuh dilantunkan sebuah sholawat yang terdengar akrab di telinga, syahdu dan di rindu. Sholawat Tarhim. Sholawat ini sering di perdengarkan di mesjid dan mushola,
kebanyakan hanya sebelum sholat Subuh. Namun di beberpa kota lain, seperti di Kalimantan Barat, Ketapang, dan wilayah Kalimantan lainnya, sholawat ini sering di putar sebelum adzan tiap jelang sholat 5 waktu.

Shalawat Tarhim diciptakan oleh Syeikh Mahmud Khalil Al-Husshari (1917-1980), seorang qâri’ ternama lulusan Al-Azhar. Beliau merupakan Ketua Jam’iyatul Qurra’ wal Huffadz (organisasi para penghafal Al-Qur’an) di Mesir.
Di Indonesia sendiri pertama kali di populerkan  tahun 1960an. Menurut sejarah, saat itu, Syeikh Mahmud Al-Husshari berkunjung ke Indonesia dan diminta untuk merekam Shalawat Tarhim di Radio Lokananta, Solo. Hasil rekaman tersebut kemudian disiarkan oleh Radio Lokananta dan juga Radio Yasmara (Yayasan Masjid Rahmat), Surabaya. Dan, kaset yang biasa diputar di masjid-masjid atau mushalla (utamanya di Jawa Timur), itu bukan lagi suara Syeikh Mahmud Al-Husshari, melainkan sudah dilantunankan ulang oleh Syeikh Abdul Azis (sama-sama dari Mesir)

Berikut lirik Sholawa Tarhim

Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk
Yâ imâmal mujâhidîn yâ Rasûlallâh
Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk
Yâ nâshiral hudâ yâ khayra khalqillâh
Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk
Yâ nâshiral haqqi yâ Rasûlallâh
Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk
Yâ Man asrâ bikal muhayminu laylan nilta mâ nilta wal-anâmu niyâmu
Wa taqaddamta lish-shalâti fashallâ kulu man fis-samâi wa antal imâmu
Wa ilal muntahâ rufi’ta karîman
Wa ilal muntahâ rufi’ta karîman wa sai’tan nidâ ‘alaykas salâm
Yâ karîmal akhlâq yâ Rasûlallâh
Shallallâhu ‘alayka wa ‘alâ âlika wa ashhâbika ajma’în

source :tebuireng.org

Posting Komentar untuk "Sholawat Tarhim Sebelum Adzan"