*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Selesaikan Kasus Transaksi Online ( Penipuan, Reject, Paket Hilang )

Berhati - hatilah dalam membeli barang online. Banyak kasus yang sering dialami pengguna transaksi jual beli online dalam menerima paket atau barang. Bukan tidak mungkin kita pernah mengalami salah satu kasus di bawah ini


1. Paket tidak di terima... Kenapa ???

Alasan pertama : Penipuan.
Makin canggih saja modus yang dilakukan penipu online. Ciri-cirinya :
- mereka menjual barang dagang dengan harga murah.
- Memberikan iminig-iming diskon dan free ongkir.
- Gonta ganti no handphone dan akun
- Memberi alamat palsu dan bukti testimoni palsu
- minta DP / downpayment 20 - 50% dengan dalih untuk jaminan paket akan di kirim dan sisa uang boleh di bayar setelah paket di terima
- minta uang garansi ( untuk barang elektornik )

Alasan Kedua : Paket Hilang ... kenapa ???
- kemungkinan alamat tidak lengkap
- kurir antar paket tapi rumah kosong atau penerima tidak di rumah
- kurir malas antar paket
- di ambil kurir

Penyelesaian untuk kasus ini adalah :
- minta no resi kepada penjual, dari cek resi kita akan mengetahui keberadaan paket ada dimana
- minta bantuan penjual untuk menangani kasus ini\
- hubungi agen expedisi pusat via email. Untuk JNE : customercare@jne.co.id - Untuk TIKI : csr@tiki-online.com. Biasanya expedisi pusat akan membantu masalah ini
- Datangi kantor agen expedisi terdekat lalu berikan no resi.

 Note : Jika pada saat cek no resi online tertulis paket : Delivered / Terkirim dicantumkan nama penerima paket, langsung hubungi yang bersangkutan / orang yang menerima paket. Ada kasus lain yang terjadi, saat cek resi tertulis Delivered dan  nama kita ( penerima ) yang menerima, padahal kita / penerima merasa belum menerima paket tersebut.

Segera datangi agen expedisi, lalu komplain atas paket yang belum di terima. Ini disebabkan, ada kurir nakal yang bermaksud ambil paket atau kurir datang rumah penerima kosong atau juga alamat kurang lengkap.

2. Paket Reject / Rusak, Paket tidak sesuai pesanan ( warna dan model barang )

Untuk paket reject atau cacat, silahkan hubungi penjual. Rata-rata komplain akan diterima 1x24 jam setelah paket di terima. Melebihi batas waktu tersebut, anda siap kecewa, komplain tidak akan diterima.

Biasanya, sebelum paket di kirim, toko melakukan recheck sebelum paket di packing dan dikirim, toko berhati-hati dalam menjual, sebab mereka akan rugi barang, ongkos kirim untuk menerima refund / retur barang.

Dan bila pihak toko tidak terima atas retur barang reject dengan alasan mereka telah melakukan cross check sebelum barang dikirim, maka Reject barang tersebut di sebabkan saat pengiriman. Bisa saja bungkus paket di banting, terinjak oleh barang lain, dsb. Silahkan komplain masalah ini ke pelayanan expedisi secepatnya. Mereka akan memberikan uang kompensasi atas barang reject.

Untuk kasus transaksi online lainnya silahkan tinggalkan komentar di kolom tersedia. Semoga artikel ini membantu anda sebelmu melakukan transaksi online. Happy Shopping

Posting Komentar untuk "Cara Selesaikan Kasus Transaksi Online ( Penipuan, Reject, Paket Hilang )"