*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggunaan Mukena Dalam Islam



Mukena adalah pakaian perlengkapan sholat untuk perempuan muslim khas Indonesia. Mukena yang biasanya terbuat dari bahan dasar katun,  kini merambah bahan berkualitas premium  yang dipercantik dengan aplikasi renda, brukat prancis, tile juga pernik lainnya. Motif yang tersedia pun beragam dengan harga sesuai kualitas bahan.


Perlengkapan sholat ini tentu saja dibutuhkan perempuan muslim dimanapun mereka berada. Seperti ketika dalam perjalanan jauh, mukena yang diperlukan tidak perlu mahal dan mewah, yang terpenting niat. Mukena berbahan parasut terksesan ringan dan mudah dibawa kemana-mana, menjadi pilihan paling banyak dipakai sebagai peralatan sholat.

Saat ini banyak dijumpai perempuan menggunakan mukena warna warni selain warna putih. Kesan mencolok inilah yang sering dipermasalahkan, dan semuanya tergantung dari niat individu masing-masing. Lalu bagaimana agama Islam menyikapi masalah ini? Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda,
مَنْ لَبِسَ ثَوْبَ شُهْرَةٍ فِي الدُّنْيَا أَلْبَسَهُ اللَّهُ ثَوْبَ مَذَلَّةٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
“Siapa yang memakai pakaian syuhrah di dunia, maka Allah akan memberinya pakaian hina pada hari kiamat.” (HR Ahmad, Abu Daud, dan An Nasai dalam Sunan Al Kubra, hasan)

Dalam Jilbab Mar’ah Muslimah, dijelaskan bahwa pakaian syuhrah adalah setiap pakaian yang dipakai dengan tujuan meraih popularitas di tengah-tengah orang banyak, baik pakaian itu harganya mahal yang dipakai oleh seseorang untuk berbangga dengan harta dan perhiasannya, maupun pakaian murahan yang dipakai oleh seseorang untuk menampakkan kezuhudannya dan dengan tujuan riya’.

Asy Syaukani di dalam kitab Nail Al Authar (II: 94) berkata: “Ibnul Atsir berkata, ‘Syuhrah artinya ternampakkannya sesuatu. Jadi maksudnya ialah, pakaiannya mudah dikenali di tengah-tengah banyak orang karena perbedaan warnanya dari warna-warna kebanyakan orang, sehingga mereka mendongakkan pandangan kepadanya, dan dia pun bersikap angkuh dan sombong terhadap mereka.’

Semoga saja kita berusaha meluruskan niat dalam beribadah meskipun memakai pakaian muslimah yang terkesan mewah dan mahal.

Posting Komentar untuk "Penggunaan Mukena Dalam Islam"