*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desain Handle Door - Gagang Pintu Rumah, Modern, Elegan, dan Minimalis

Handle door atau yang lebih dikenal dengan Gagang pintu rumah, selain berfungsi untuk alat keamanan dan perlindungan, juga berperan dalam membentuk nilai estetika sebuah ruangan rumah, apalagi jika dipercantik dengan tampilan pintu yang menarik. Karena itu dalam memilih pegangan pintu harus memperhatikan dua kepentingan tersebut, ditambah dengan kualitas, keawetan serta ketahanannya.
Bentuk gagang/pegangan pintu sangat beragam, ada yang model clasisic dan modern, ada yang terbuat dari bahan polished chrome, satin stainless steel dan polished stainless steel, dengan desain persegi panjang, bulat panjang, melengkung, dan ada juga yang dipercantik dengan ornamen dan ukiran.

Menurut berberapa sumber, untuk rumah yang menerapkan konsep desain klasik, pegangan pintu yang cocok adalah yang punya bentuk melengkung serta punya banyak ornament dan ukiran. Warna yang menjadi favorit adalah kuning terang atau kuning tembaga dan abu-abu yang cenderung gelap. Gantungan kunci jenis ini biasanya terbuat dari tembaga, kuningan atau baja dan jenis logam yang lain.

Sedangkan untuk rumah yang bergaya modern, desain yang terbaik adalah yang menggunakan warna perak dan terbuat dari bahandari bahan polished chrome, satin stainless steel dan polished stainless steel  . Bentuk desainnya biasanya lebih sederhana, misalnya hanya persegi panjang, bulat panjang atau melengkung. Namun meski simple, desain tersebut tetap mampu memunculkan kesan elegan dan mewah serta modern.


Setiap pegangan pintu tentu saja harus disesuaikan dengan fungsi dan tempatnya. Seperti untuk pintu utama, harus memilih jenis pegangan pintu yang punya sistem penguncian lebih terjamin dari sisi keamanannya. Sebelum membeli ada baiknya melihat ketebalan pintu. Sedangkan untuk pintu yang berada pada ruang dalam,


pilihlah kunci jenis yang standar saja dan tidak membutuhkan sistem keamanan yang lebih ketat. Dan untuk pintu kamar mandi biasanya terbuat dari fiber atau alumunium.

Kunci Pintu Digital
Kunci pintu digital adalah kunci pintu yang dioperasikan secara elektronik dan aksesnya dapat dilakukan dengan menggunakan PIN, RFID, remote control, biometrik, dan beberapa tipe kunci pintu digital tetap memiliki kunci mekanik untuk kondisi darurat. Dari segi keamanan, kunci pintu digital memiliki beberapa keunggulan diantaranya:

Pick proof: kunci tidak bisa dibuka paksa dengan peralatan lockpick maupun dihancurkan. Pada tipe tertentu, terdapat sensor pada tombol open di unit dalam yang memastikan jari manusia yang menekan tombol bukan benda mati. Hal ini bisa mencegah membuka kunci pintu dari luar dengan cara memancing tombol open menggunakan kawat atau sejenisnya.

Alarm: Alarm akan bunyi jika beberapa kondisi terjadi pada alatnya, diantaranya: salah akses, buka paksa, perusakan, dan kebakaran.

Kunci otomatis: Pintu akan langsung terkunci begitu ditutup, hal ini bisa mencegah lupa mengunci pintu saat pergi meninggalkan rumah atau kembali setelah bepergian.

Kendali akses: Untuk membuka pintu, diperlukan pengenalan elektronik yang sangat aman baik itu RFID maupun biometrik yang harus didaftarkan oleh pemilik property, baik itu rumah, kamar hotel, locker, maupun laci dan lemari.
(picture n info from various sources )

1 komentar untuk "Desain Handle Door - Gagang Pintu Rumah, Modern, Elegan, dan Minimalis"

  1. Layanan onlinenya oke banget,cara pembeliannya praktis, penjelasannya mudah dipahami dan langsung solutif serta yg nggak kalah penting bagi yg awam ato baru coba mesin absensi jika pusing2 tinggal di remote aja ama tim ... beress dahh... oke deh mantafffff...terima kasih banyak supportnya." boleh dikunjungi web kami gan siapa tau ada yang dibutuhkan
    --->> http://akseskontrol.com/

    BalasHapus