*6
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka Pada Tubuh Manusia


Bekas luka seringkali membuat orang kurang percaya diri, apalagi jika goresan hitam tersebut terletak dibagian tubuh seperti wajah, kaki, tangan dan paha. Beberapa orang mungkin mengatasi bekas luka tersebut dengan obat-obatan(medis) maupun dengan operasi kulit. Namun ada alternatif lain yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan memanfaatkan obat alami yang jauh dari efek samping.

    Berikut cara alami menghilangkan bekas luka pada tubuh manusia :
  • Madu
    Madu bisa merangsang regenerasi sel, mendinginkan, mengurangi nyeri dan menghilangkan bekas luka.  Oleskan madu secara merata pada luka. biarkan selama 20 -30 menit menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan beberapa kali sehari dan rutin.

    Mentimun
    Mentimun tidak hanya mengandung vitamin C dan potasium yang baik untuk menangkal radikal bebas, tetapi  juga memiliki kandungan  air yang cukup tinggi dan menyegarkan.  Mentimun juga memiliki kandungan silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput. Mentimun bermanfaat untuk mengencangkan, melembabkan kulit, mengatasi jerawat dan bahkan juga untuk menghilangkan bekas luka pada kulit. Untuk menghilangkan bekas luka, cuci bersihlah mentimun, kemudian potong mentimun menjadi kecil-kecil lalu haluskan dengan blender atau ditumbuk. Setelah halus, oleskan pada bekas luka dan biarkan sepanjang malam.  Jika dilakukan dengan rutin maka bekas luka dapat berangsur-angsur menjadi samar dan hilang.

  • Teh Hijau
    Daun teh hijau memiliki kandungan antioksidan  bernama Epigallocatechin Gallate (EGCG). Kandungan antioksidan ini memiliki kekuatan 200 kali lebih hebat dari vitamin E dan sudah terbukti dapat mengurangi aktivitas hormon penyebab jerawat, mengurangi peradangan pada kulit, mengontol produksi minyak serta menghilangkan bekas luka yang ditimbulkan akibat jerawat. Selain dikonsumsi sebagai minuman, daun teh hijau dapat juga dijadikan toner. Caranya, basahkan kapas atau handuk kecil dengan air daun teh hijau yang sudah diseduh. Lalu usapkan kapas atau handuk kecil tersebut pada bagian luka yang sudah dibersihkan.
  • Bawang Putih
    Sejak 3000 SM, Orang Cina telah menggunakan bawang putih sebagai obat pilek, obat kanker dan obat penurun darah tinggi. Bawang putih juga dapat mengatasi bekas luka yang menjadi keloid dan tidak perlu khawatir karena efek antiproliferasi yang terdapat pada bawang putih dapat menekan pertumbuhan kolagen dan menekan perkembangan dari keloid. Caranya iris atau parut bawang putih. Kemudian oleskan irisan atau parutan tersebut ke bekas luka keloid dan biarkan hingga kering dan bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin agar luka keloid tidak terus membesar dan bekas luka tersebut hilang.

    Lidah Buaya
    Lidah buaya yang mengandung  lignin dan asam amino  dapat melembabkan kulit dan meregenerasi sel kulit.  Lidah buaya juga memiliki anti- radang yang dapat mengurangi radang pada kulit dan menghilangkan bekas luka. Caranya cukup oleskan lendir lidah buaya pada bekas luka secara rutin. Berhati-hatilah agar tidak kena bagian getah dari lidah buaya tersebut. Getah tersebut dapat membuat kulit terasa gatal.

    Daun Mint
    Tanaman yang terkenal dengan nama Mentha Piperita ini  banyak digunakan untuk berbagai produk seperti odol, obat kumur maupun minyak angin.  Daun mint juga sering digunakan untuk membantu jerawat, luka bakar bahkan juga ampuh untuk menghilangkan bekas luka. Caranya ambillah beberapa lembar daun mint. Cuci bersih dan haluskan hingga membentuk scrub. Selanjutnya oleskan ke area luka 

  • Jus Mengkudu
    Senyawa scopoletin yang terdapat pada jus mengkudu juga sangat efektif sebagai zat anti-radang, juga  untuk menghilangkan bekas luka bakar. Basahkan handuk kecil dengan jus mengkudu, lalu kompres bekas luka tersebut dan biarkan hingga mengering. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin sehari 2-3 kali
    .(deherba.com)

Posting Komentar untuk "Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka Pada Tubuh Manusia"